Novotel Olah Limbah Makanan Jadi Pupuk Kompos

Novotel Olah Limbah Makanan Jadi Pupuk Kompos

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Hotel Novotel Batam terus berbenah. Salah satunya menerapkan program planet 21 seperti memanfaatkan limbah menjadi pupuk kompos.

Program tersebut diluncurkan ketika acara World Food Day di Restauran Novotel, Selasa (16/10.2017). 

HRD Manager Novotel Marty mengatakan, program ini termasuk dalam Accor Hotels, tidak hanya untuk Novotel saja namun juga untuk hotel lain. "Salah satu programnya seperti memanfaatkan sampah makanan menjadi pupuk kompos," ujarnya.

Marty melanjutkan, kedepan program ini akan terus dikembangkan tidak hanya memnfaatkan sampah makanan namun juga seluruh limbah yang ada. 

"Kedepan kita tidak hanya memanfaatkan sampah makanan, namun juga akan mengelolah semua limbah yang terdapat di hotel ini," jelasnya kepada awak media.

Marty juga menunjukan bagaimana hotel yang baru menerima penghargaan ini mengelolah sampah makanan menjadi pupuk kompos. 

Di beberapa bagian hotel sudah terdapat tempat sampah sesuai jenis makanan seperti tempat sampah khusus kerak telus, sayur dan buah, hewani dan lainnya. 

Bakhtiar salah seorang petugas yang mengelolah sampah tersebut menceritakan bagaimana proses sampah makanan bisa dijadikan kompos. 

Pertama hotel menyediakan beberapa tempat sampah yang sudah dibagi menurut jenis sampahnya masing-masing. 

Kemudian, setelah sampah terkumpul akan dilakukan pengohalan selama 45 hari. Seperti proses pengeringan, penghancuran dan lainnya.

"Satu kali proses kita bisa dapatkan 15 kilo gram pupuk kompos, untuk saat ini pupuk itu akan digunakan untuk taman di perkarangan hotel," jelasnya.

(yes)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews