Ini Pidato Pertama Anies Usai Dilantik Jadi Gubernur DKI Jakarta

Ini Pidato Pertama Anies Usai Dilantik Jadi Gubernur DKI Jakarta

Anies Baswedan (kanan) dan Sandiaga Uno. (foto: ist/merdeka)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Anies Rasyid Baswedan membacakan pidato pertamanya sebagai Gubernur DKI Jakarta di hadapan warga Ibukota di lapangan Blok G, Balai Kota DKI Jakarta. Anies pidato setelah resmi dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta. 

"Jakarta ini satu dari sedikit kota di Indonesia yang merasakan kolonialisme dari dekat. Di tempat lain penjajahan terasa jauh tapi di Jakarta dirasakan sehari-hari. Maka bila kita merdeka janji-janji itu harus terlunaskan," kata Anies dalam pidatonya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin (16/10/2017) malam.

Pribumi, lanjut Anies, sebelumnya ditindas oleh para penjajah. "Dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan. Saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri kita sendiri," katanya. 

"Jangan sampai Jakarta seperti dituliskan pepatah madura, Itik yang bertelor, ayam yang mengerami. Kita yang bekerja keras merebut kemerdekaan, kita juga harus merasakan manfaat kemerdekaan," lanjutnya.

"Pengelolaan teluk, pengelolaan pulau, tidak boleh untuk satu kepentingan golongan, tidak boleh untuk satu kepentingan kelompok, tidak boleh untuk satu kepentingan korporasi, tapi untuk semua warga Jakarta. Keadilan bagi semua," kata Anies.

Anies mengatakan bahwa dia dan wakilnya, Sandiaga Salahudin Uno, bertekad mengutamakan pembelaan nyata kepada rakyat yanag selama ini membela diri sendiri.

Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta, katanya, bukanlah sekadar administrator atau bahkan semacam penyedia jasa bagi konsumen. "Kami ingin lebih dari itu: bekerja sama dengan warga Jakarta sebagai perancang dan pelaku pembangunan," kata Anies.

"Kami hibahkan hidup kami kepada warga Jakarta. Kami hibahkan waktu, tenaga, dan keringat untuk kemajuan warga Jakarta," ujar Anies di hadapan ribuan warga Jakarta.

Dalam kesempatan itu, Anies didampingi oleh istrinya Fery Farhati dan sang putri sulung Mutiara Baswedan. Di lokasi dipadati warga Jakarta yang antusias menyambut pemimpin baru Ibukota.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik dan mengambil sumpah jabatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 di Istana Merdeka, Jakarta.

Pelantikan Anies-Sandi berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 83/P/2017 tentang pemberhentian dan pengangkatan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta.

Pelantikan Anies-Sandi dihadiri oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja. Para pimpinan DPR seperti Setya Novanto, Fahri Hamzah, Ketua DPD, Oesman Sapta Odang, Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Tak ketinggalan juga tamu undangan yang berasal dari para tokoh pendukung Anies-Sandi seperti Prabowo Subianto, Abraham Lunggana serta Agus Harimurti Yudhoyono dan Sylviana Murni serta tamu undangan lainnya.

Sementara, Djarot Saiful Hidayat memilih berlibur bersama keluarga setelah tak lagi menjabat Gubernur DKI Jakarta. 

Djarot, berdasarkan informasi yang diterima, sudah berangkat ke Labuan Bajo pagi ini. Karena itu, ia tidak menghadiri serah-terima jabatan dengan Anies. Politikus PDIP ini memang mengakhiri masa jabatannya tepat pada Minggu (15/10) kemarin. 

(ind)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews