Baru Sehari Diresmikan Jokowi, Tol Medan-Binjai Langsung Akan Dijual

Baru Sehari Diresmikan Jokowi, Tol Medan-Binjai Langsung Akan Dijual

Gubernur Sumut dan pejabat terkait saat peresmian tol Medan-Binjai. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Medan - Jalan tol Medan-Binjai baru diresmikan Presiden Joko Widodo pada Jumat (13/10/2017). Sehari setelah itu, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memberi sinyal ke PT Hutama Karya (Persero) untuk menjual tol tersebut. 

Tol Medan-Binjai seksi 2-3 (Heltevia-Binjai) yang sudah selesai sepanjang 10,46 km.

Dari ruas tol Medan-Binjai ini memang masih terputus, sebab ada masalah lahan dalam pembangunan jalan tol seksi Tanjung Mulia sepanjang 3,3 km. Tol seksi ini masih menunggu proses pembebasan lahan yang ditargetkan akan selesai Desember ini. 

Hutama Karya sudah diberi mandat untuk membangun beberapa ruas tol yang termasuk bagian Tol Trans Sumatra. Penjualan tol ini untuk bisa mendapatkan dana segar dan bisa membangun ruas tol lainnya. Salah satu tol yang akan dibangun adalah Padang-Pekanbaru.

Rini menambahkan, jika tol Medan-Binjai dijual, maka dana segar yang bakal diraih dapat membiayai pembangunan Padang-Pekanbaru. Sebab, panjang tol Padang-Pekanbaru mencapai 180 km, sehingga membutuhkan dana yang besar.

"Sehingga bisa sepenuhnya membiayai Padang-Pekanbaru, karena sekarang Padang-Pekanbaru belum semua pendanaannya, baru bisa sampai Sicincin. Tapi semua jalan terus," papar Rini di Deli Serdang, Sabtu (14/10/2017).

Namun, Rini belum dapat menjabarkan berapa nilai jual tol Medan-Binjai dan kapan bisa dilakukan.

"Kalau nilainya bagus, ya. Itu yang kita kerjakan. Jadi ada beberapa titik yang kita anggap, ada bagusnya kita lepaskan, karena terutama yang kepemilikan Hutama Karya," jelasnya.

Menurut Rini, selama ini tugas Hutama Karya dalam menggarap Tol Trans Sumatera sangat berat.

"Karen Hutama Karya memiliki tanggung jawab yang paling berat, paling besar untuk jalur Trans Sumatra. Kalau Trans Sumatera mau dipercepat pembangunannya, maka kita harus lakukan hal-hal seperti ini. Jadi kalau yang udah selesai, IRR-nya bagus ya kita tawarkan ke semua pihak," tutupnya. 

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews