Tahun 2018, Bayar Trans Batam Pakai e-Money

Tahun 2018, Bayar Trans Batam Pakai e-Money

Sejumlah karyawan Trans Batam mencoba bus baru beberapa waktu lalu (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Dinas Perhubungan Kota Batam akan menerapkan transaksi non tunai untuk penggunaan bus Trans Batam pada tahun 2018 mendatang. 

Kepala Dishub Kota Batam, Yusfa Hendri mengatakan, penerapan non tunai sudah mulai berjalan tahun ini, namun masih beberapa dan untuk keseluruhan bus Trans Batam akan mulai aktif tahun depan. 

“Saat ini kami sedang mempersiapkan peralatan pendukung pelaksanaaan non tunai ini,” ujar Yusfa, Kamis (12/10/2017).

Ia menjelaskan kedepan pengguna bus dibekali kartu e-money yang dikeluarkan oleh BRI. Pihaknya menyiapkan lima ribu kartu, untuk tahap awal sebanyak 1.500 kartu akan didistribusikan Desember mendatang.

"Pengguna dikenakan biaya pencetakan kartu Rp 10 ribu, setelah itu lakukan pengisian saldo di halte dan e-banking BRI sendiri," ujar Yusfa.

Setiap mereka yang telah memegang kartu, saat akan menaiki bus trans cukup hanya melakukan scan ke alat yang akan disediakan di setiap bus nantinya. 

Dia menambahkan November nanti, transaksi non tunai ini akan diluncurkan, pengguna bus trans Batam bisa mendapatkan kartu e-money tersebut di halte yang tersebar di seluruh Batam. 

"Nanti jika permintaan bertambah kami akan tambah lagi kartunya. Kami harap masyarakat menerima penerapan teknologi ini, sehingga transaksi non tunai berjalan lancar," ujar dia.

Yusfa mengatakan saat ini sedikitnya empat ribu orang menggunakan jasa bus trans Batam setiap harinya. 

(ret)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews