Belanda Gagal ke Piala Dunia 2018, Arjen Robben Langsung Pensiun

Belanda Gagal ke Piala Dunia 2018, Arjen Robben Langsung Pensiun

Arjen Robben memutuskan pensiun dari sepakbola internasional. (foto: ist/reuters)

BATAMNEWS.CO.ID, Amsterdam - Belanda gagal tampil di turnamen sepak bola paling prestisius di dunia. Pada pertandingan pemungkas Grup A Kualifikasi Piala Dunia 2018 zona Eropa melawan Swedia di Amsterdam Arena, Rabu (11/10/2017) dini hari WIB, tuan rumah hanya mampu menang 2-0.

Dua gol yang dicetak Arjen Robben pada menit 16 dan 40 ternyata masih belum cukup mengantarkan tim Oranye melaju ke putaran final Piala Dunia 2018. Meskipun perolehan poin Belanda dan Swedia sama dengan mengoleksi 19 angka, namun pasukan Dick Advocaat masih kalah dalam hal produktivitas gol.

Dalam 10 pertandingan Kualifikasi Grup A, Belanda hanya mampu mencetak 21 gol. Sementara Swedia sukses menggetarkan gawang lawan sebanyak 26 gol. Hasil tersebut tidak mengubah posisi kedua tim nasional ini.

Belanda tetap tertahan di peringkat ketiga. Sementara Swedia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 melalui jalur playoff. 

Tim besutan Janne Andersson nantinya akan menemani Prancis ke Rusia tahun depan. Bagi Belanda, gagal tampil di Piala Dunia merupakan yang pertama bagi Belanda sejak tahun 2002. 

Saat itu Belanda tim asuhan Louis van Gaal tak mampu bersaing dengan Portugal dan Republik Irlandia. Mereka pun hanya finis di posisi tiga klasemen akhir dengan koleksi 20 poin, terpaut empat angka dari Portugal dan Republik Irlandia di posisi satu dan dua.

Arjen Robben Pensiun

Pascagagalnya Belanda ke Piala Dunia 2018, Arjen Robben memutuskan untuk pensiun dari sepak bola internasional. 

"Saya ingin fokus sepenuhnya pada karier saya di klub. Ini saat yang tepat untuk meneruskan generasi berikutnya," jelas Robben pasca pertandingan. 

Robben, 33, memulai debutnya dengan tim nasional pada tahun 2003. Dia merupakan tokoh kunci dalam beberapa kesuksesan Belanda di pentas internasional. 

Salah satu yang paling diingat adalah sewaktu mengantarkan Belanda masuk final Piala Dunia 2010. Robben mengakhiri karier internasionalnya dengan mencetak 37 gol dalam 96 penampilan. 

Selesai pertandingan Robben bersama putranya berkeliling lapangan Amsterdam Arena sambil melambaikan tangan. Puluhan ribu penonton pun berdiri dan memberikan tepuk tangan yang meriah kepada sang pemain.

(ind)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews