Banyak Kartu Kredit Tidak Aktif, Daya Beli Makin Turun?

Banyak Kartu Kredit Tidak Aktif, Daya Beli Makin Turun?

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Kartu kredit yang beredar di Indonesia tercatat terus mengalami penurunan. Dari data Bank Indonesia (BI) pada Januari 2017 jumlah kartu kredit tercatat 17,49 juta keping dan pada Agustus 2017 16,89 juta keping.

Direktur PT Bank CIMB Niaga Tbk, Lani Darmawan menjelaskan selama ini bank melihat masyarakat lebih berhati-hati untuk berbelanja. 

"Tapi secara industri memang terjadi penurunan jumlah kartu. Namun lebih karena berlakunya regulasi pembatasan maksimal 2 penerbit untuk 1 nasabah kartu kredit dengan penghasilan tertentu," kata Lani Selasa (10/10/2017) dilansir detikcom.

Direktur PT Bank Central Asia Tbk (BCA) Santoso menjelaskan daya beli menurun memang berdampak kepada bisnis kartu kredit perseroan. "Ada dampak tapi tergantung segmen market-nya ya," ujar dia. 

Santoso menjelaskan, untuk kartu kredit segmen bawah sangat terasa pengaruhnya karena menurunnya daya beli.

"Kalau segmen kartu kredit menengah ke atas dan menengah tidak banyak terpengaruh ya transaksinya," imbuh dia.

Santoso menjelaskan, saat ini bisnis kartu kredit BCA masih tetap tumbuh di kisaran 10%. Kemudian BCA sudah comply dengan aturan BI tentang pendapatan Rp 3-10 juta maksimal memiliki kartu dari dua penerbit.

(ind)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews