Galangan Kapal Tanjungpinang Terancam Tutup

Galangan Kapal Tanjungpinang Terancam Tutup

Ilustrasi galangan kapal (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Puluhan industri perkapalan di Tanjungpinang terancam tak diperpanjang izin operasi oleh pemerintah Kota Tanjungpinang. Sebabnya, tata ruang Kota Tanjungpinang berubah.

Industri nantinya akan dipindahkan ke Pulau Dompak Tanjung Moco.

"Tata ruang kita sudah berubah, untuk industri nantinya akan dipindahkan, untuk izin opersi mereka berakhir Oktober nanti," kata Kabid Penyelenggaraan, Pelayanan, Perizinan dan Non-perizinan Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Kota Tanjungpinang, Agus, kemarin.

Ia mengatakan, pemindahan operasi industri perkapalan ini, mandapat keluhan dari pihak pengembang, katanya, mereka sudah menginvestasi saham mereka di daerah tersebut.

"Tapi kan mau nggak mau, suka nggak suka namanya aturan, untuk menata kota Tanjungpinang kedepan," katanya.

Mengenai infrasuktur di dompak itu belum memandai, makanya pemerintah Kota Tanjungpinang mengelurkan kebijakan dengan cara mengeluarkan surat edaran untuk memperpanjang masa kegiatannya.

"Kita lakukan sosialisasi dulu kepada pihak pengusaha, pada prinsipnya tahun sebelumnya mereka sudah pindah kesana, tapi diperpanjang izin nya lahi hingga oktober tahun ini," kata dia.

Terkait untuk memperpanjang lagi operasi mereka, tentu itu tergantung dari keputusan walikota Tanjungpinang apakah diperpanjang lagi, atau bagaimana. Sementara infrasuktur didompak sendiri belum mendukung.

"Di daerah mereka saat ini kan sudah banyak permukiman warga, oleh karena itu dipindahkan," ujarnya.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews