Penularan Virus HIV Melalui Ibu Hamil di Batam Menurun Drastis

Penularan Virus HIV Melalui Ibu Hamil di Batam Menurun Drastis

Ilustrasi. (foto:ist net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Penularan virus HIV/AIDS dari ibu hamil ke janin di Kota Batam, Kepulauan Riau menurun drastis.

Dari data yang dihimpun sepanjang tahun 2014, terjadi penurunan ibu hamil penderita HIV/AIDS turun sebanyak 67 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Kalau data yang kita himpun di tahun 2013, hampir 80 persen ibu hamil yang terjangkit HIV menularkan virus ke anak dalam kandungannya. Namun pada tahun 2014 sudah mulai menurun, karena kami menerapkan sistem pencegahan dini dan hasilnya hanya ada 13 persen ibu hamil yang menularkan virus ke anak dalam kandungannya," ungkap Sri Rupiati Kabid Penanggulangan Pencegahan dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinkes Batam saat ditemui batamnews.co.id, Rabu (12/3/2015).

Pencegahan sejak dini yang dimaksud itu ialah, apabila terdeteksi virus HIV di dalam tubuh ibu hamil maka pihak rumah sakit akan langsung berkoordinasi dengan dinas kesehatan untuk melakukan penanganan khusus.

Agar virus HIV itu tidak berkembang dan menulari anak dalam kandungannya, penanganan khusus dengan menyupla ibu hamil yang terjangkit virus dengan obat-obatan langsung dari dokter ahli.

"Cara ini cukup efektif dan terbukti kalau cuma 13 persen ibu hamil yang tertular virus HIV," tambah Sri lagi.

Sri Rupiati mengungkapkan pihaknya sudah membangun jaringan dengan empat rumah sakit besar di Kota Batam. "Kita sudah bekerjasama dengan RS Budi Kemuliaan, RS Elizabeth, RS Embung Fatimah dan RS Awal Bros," ujarnya.

Selain rumah sakit, Dinas Kesehatan juga sudah berkoordinasi dengan bidan dan seluruh puskesmas yang ada di Kota Batam.

"Ada 23 bidan yang sudah kita latih. Selain itu sosialisasi juga kami maksimalkan, sehingga pencegahan virus menular ke anak dapat dicegah," ungkap Sri.

(alf)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews