Pasien Keluhkan Etika Perawat RSUD Lingga

Pasien Keluhkan Etika Perawat RSUD Lingga

Lorong di RSUD Lingga (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Masyarakat Daik Lingga meminta agar perawat jaga di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Encek Maryam belajar etika.

Salah seorang keluarga pasien yang enggan namanya disebut mengatakan, seharusnya dalam melayani seorang yang sedang menderita penyakit dan mendapat perawatan, perawat mesti berperilaku sopan.

"Kami di sini datang untuk berobat, mungkin karena kami bukan pasien yang istimewa, makanya kami diperlakukan tidak sopan," kata dia kepada batamnews.co.id, Rabu (04/10/2017).

Ia mengaku, seorang perawat seharusnya mencerminkan sifat yang baik dan sewajarnya. Bukan dengan cara yang tidak sopan ketika berbicara dengan pasien maupun keluarga pasien yang lebih tua.

"Jangankan mau menunjukkan sifat yang sopan, melontarkan senyum saja kepada kami dia tidak mau. Kami selaku keluarga pasien tentu tidak nyaman," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Direktur RSUD Encek Maryam, dr Suryadi mengatakan, sebenarnya ia telah jauh hari mengingatkan kepada perawat maupun petugas agar berperilaku sopan dalam mengurus pasien.

"Kita tiap hari ngasih tau, memang ada beberapa petugas atau perawat itu dikasih tau banyak kali tapi masih juga tidak berubah-berubah," ujarnya.

Guna menindaklanjuti pengaduan pasien tersebut, ia mengaku akan memanggil pihak perawat bersangkutan agar diberikan teguran.

"Kadang-kadang sakit hati juga dengan orang-orang (perawat) ini. Dikasih tau tidak ditanggapi," kata dia.

Sebagaimana diketahui, pihak RSUD telah mengantongi beberapa orang perawat atau petugas yang dinilai tidak berperilaku sewajarnya kepada pasien. Diantaranya tiga orang perawat dibagian Unit Gawat Darurat (UGD) serta tiga orang di bagian kebidanan.

"Kalau dibagian perawatan kalau tidak salah saya belum ada laporan," katanya.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews