Duit Habis Miliaran, BPS: Target Kunjungan Wisman ke Kepri Sulit Tercapai

Duit Habis Miliaran, BPS: Target Kunjungan Wisman ke Kepri Sulit Tercapai

Tiga orang wisatawan di kawasan wisata Lagoi, Bintan, Kepri, belum lama ini (Foto: Harry/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Target kunjungan wisatawan ke Kepulauan Riau meleset. Dari 2,6 juta dari target Dinas Pariwisata Kepri, namun baru tercapai 1.318.566 kunjungan. 

Kenaikan itu baru sekitar 4,69 persen dari pada tahun sebelumnya. Jumlah Wisman yang berkunjung ke Kepri secara kumulatif dari Januari hingga Agustus 2017 mencapai sekitar 1.318.566 kunjungan, sementara tahun sebelumnya hanya 1.259.521 kunjungan. 

Kepala Badan Statistik Kepulauan Riau, Panusunan Siregar menuturkan, sangat sulit mengejar target yang ditentukan.

"Waktu tinggal empat bulan lagi, saya rasa berat kalau untuk memenuhui target 2,6 juta itu," Kata Kepala Badan Statistik Kepulauan Riau, Panusunan Siregar  Saat jumpa pers, Senin ( 2/10/2017).

Kata dia, Pemerintah Provinsi Kepri, tidak akan sanggup mengejar target tersebut kendati sejumlah event telah digelar.

Event itu juga tak sedikit mengeluarkan anggaran hingga miliaran rupiah. 

"Meskipun pun ada event-event sangat berat untuk mencapai target itu, kita katalah dalam satu dapat 250.000 kunjungan Wisman, itu udah hebat ya, selama dalam empat bulan baru 1 juta wisman, berakti baru 2,3 juta nya," kata dia.

Sedangkan kunjungan wisman ke Kabupaten Karimun menurun. Tahun ini secara kumulatif dari Januari hingga Agustus mencapai 54.681 kunjungan, sementara tahun sebelumnya mencapai 59.681 kunjungan.

"Untuk kota Batam tahun ini jumlah kunjungan Wisman mencapai 962.985 kujungan, ini jumlah terbesar jika dibanding empat kabupaten atau kota, Bintan, Karimun dan Kota Tanjungpinang," ungkapnya.

Sementara Itu lanjutnya, untuk Kota Tanjungpinang jumlah kunjungan wisman tahun ini mencapai 71.166 kunjungan dan Kabupaten Bintan mencapai sekitar 230. 186 kunjungan.

Hal ini menunjukkan kegagalan dari Dinas Pariwisata Provinsi Kepri dalam menggairahkan pariwisata di Kepulauan Riau, meskipun anggaran miliaran telah digelontorkan hanya untuk membuat event menarik wisatawan mancanegara.

(adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews