Terungkap Persoalan Utama Pemicu Pertengkaran Suami Istri

Terungkap Persoalan Utama Pemicu Pertengkaran Suami Istri

Ilustrasi (Foto: via Vemale)

Ternyata ada hal-hal tertentu yang menjadi pemicu utama pertengkaran dalam berumah tangga. Dan perselisihan terbesar itu ternyata adalah persoalan uang.

Dari hasil survei bertajuk Money Habit and Confession Survey yang melibatkan 1000 orang terungkap bahwa keuangan adalah sumber utama "perang dingin" antara suami istri.

Satu dari empat partisipan survei mengatakan mereka pernah berpisah dengan pasangannya gara-gara masalah uang. Selain itu, 58 persen mengklaim mereka lebih suka melajang dari pada punya pasangan yang tidak bertanggung jawab secara finansial.

Pertengkaran gara-gara uang sejak lama memang menduduki peringkat teratas sebagai pemicu keretakan hubungan. Salah satu alasannya karena masalah ini tidak pernah tuntas dibicarakan dengan pasangan.

Dalam survei terungkap, 32 persen responden mengaku tidak tahu berapa gaji pasangannya, dan 4 persen mengatakan mereka menyembunyikan penghasilannya.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan topik seputar uang jadi topik panas. Antara lain karena ada pemisahan harta, terutama ketika suami dan istri sama-sama bekerja. Faktor lain adalah utang, apalagi jika salah satu pihak memiliki utang yang lebih besar karena diskusi biasanya akan berujung saling menyalahkan. Lebih parah lagi jika ternyata jika pasangan diam-diam mengagunkan harta bersama sebagai jaminan utang.

Komunikasi yang terbuka adalah kunci untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut. Sebelum menikah seharusnya tema seputar pengelolaan keuangan keluarga sudah dibicarakan, dari diskusi ini Anda juga bisa mengenal karakter pasangan, apakah ia termasuk orang yang boros, kurang peduli, atau justru terlalu berhati-hati dengan uang.

Jika perlu miliki perjanjian pranikah agar urusan keuangan masing-masing tidak tercampur.

(snw)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews