Pesan Amien Rais ke Jokowi di Aksi 299: Anda Lurah Indonesia, Berbuatlah Adil

Pesan Amien Rais ke Jokowi di Aksi 299: Anda Lurah Indonesia, Berbuatlah Adil

Peserta aksi 299 di Komplek DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017). (foto: ist/republika)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Ketua Majelis Kehormatan Partai Amanat Nasional Amien Rais orasi di tengah demonstrasi yang berlangsung di depan Komplek DPR/MPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (29/9/2017).

Dalam orasi, Amien mengatakan pemerintah sekarang seakan-akan memberi ruang agar PKI bangkit kembali.

"Andai saja waktu itu PKI menang saudara-saudaraku mungkin umat Islam sudah tidak ada hari ini. Nah, masalahnya, pemerintah saat ini seperti memberi angin kuat supaya PKI bisa bangkit lagi, ini harus kita tolak 100 persen," kata Amien Rais.

Tetapi dia mengapresiasi Polri yang berani membubarkan acara yang berlangsung di YLBHI, beberapa waktu yang lalu. Dia juga mengapresiasi langkah Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo seluruh jajaran TNI untuk menonton film G30S/PKI bersama masyarakat.

"Kepada teman-teman Polri memberikan apresiasi kemarin di Lembaga Bantuan Hukum ada seminar kebangkitan komunisme alhamdulillah dibubarkan oleh polri kita, hidup Polri," ujar Amien. 

"Bayangkan saudara-saudaraku, kalau umat Islam ditambah kaum nasionalis yang cinta tanah air yang tidak suka dijajah asing ditambah polri sama TNI saya kira tidak ada secuil pun PKI bisa bangkit kembali," Amien menambahkan.

Amien juga mengingatkan kepada Presiden Joko Widodo untuk bersikap adil kepada umat Islam.

"Untuk itu tugas kita mengingatkan Pak Jokowi supaya adil, umat Islam jangan didiskriminalisasi. Non muslim melakukan kesalahan dilindungi, kalau umat Islam sedikit saja kesalahan langsung ditangkap ditahan sampai berhari-hari," ujar Amien.

Amien juga berpesan kepada anggota DPR agar tidak mengesahkan Perppu Ormas.

"Oleh karena itu pesan saya untuk teman-teman DPR jangan sampai perppu disahkan. Dan kepada Pak Jokowi anda telah terpilih, meskipun saya itu tidak memilih Pak Jokowi, tetapi kita punya amanat anda lurah Indonesia berbuatlah adil kepada rakyatnya. Jadi, ingat PKI tidak boleh sedikitpun dikasih angin," kata dia.

Aksi kali ini mengangkat isu menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan, menolak kebangkitan Partai Komunis Indonesia, dan tolak kriminalisasi ulama. Perwakilan pendemo diterima di Gedung DPR dan akhirnya membubarkan diri dengan tertib. 

Istana: Terima Kasih, Aksinya Tertib

Sementara, Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Teten Masduki mengapresiasi aksi 299 yang berlangsung di Kompleks Gedung MPR/DPR.

"Aksinya berlangsung cukup bagus dan tertib ya. Terima kasih sudah berlangsung cukup baik," ujar Teten Masduki di Kompleks Istana Presiden, Jumat sore.

Soal tuntutan pengunjuk rasa menolak Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2017 tentang Organisasi Kemasyarakatan, Teten mengatakan, tuntutan seperti ini boleh saja disuarakan.

Akan tetapi, lebih baik para pengunjuk rasa menempuh jalur hukum dengan mengajukan uji materi Perppu tersebut ke Mahkamah Konstitusi (MK).

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews