Batam Sering Banjir, Amsakar Salahkan Pengembang

Batam Sering Banjir, Amsakar Salahkan Pengembang

Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad meninjau drainase (Foto: Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pemerintah Kota Batam kembali membangun drainase di sekitar Perumahan Center Park, Baloi, Batam.Hal ini disebabkan temuan sejumlah titik banjir yang baru. 

Temuan titik banjir barui tersebut diketahui disebabkan oleh aktivitas pembukaan lahan oleh para pengembang.

"Curah hujan yang tinggi menyebabkan banjir, jadi di hulu harus dibuka.," jelas Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad saat meninjau pembangunan drainase dan didampingi kepala OPD di lingkungan Pemko Batam, Kamis (28/9/2017). 

Amsakar mengatakan  jika drainase telah dibongkar dan dibuat penampungan di bagian hilir maka banjir yang terjadi di kawasan Centre Park akan teratasi. Pihaknya juga  mengajak seluruh developer untuk memperhatikan saluran air sebelum membangun.

"Tadi kita sudah ajak bicara, mereka respon baik jika lahan mereka digunakan untuk pelebaran drainase, ini juga untuk mereka," kata mantan Kepala Dinas Perindustrain dan Perdagangan tersebut. 

Untuk mengatasi permasalahan banjir ini, pihaknya akan melakukan normalisasi. Saat ini pihaknya masih akan memaksimalkan lahan yang ada disekitar drainase. 

Kemudian Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air, yumasnur mengatakan pihaknya juga akan melakukan normalisasi

"Jika dibutuhkan kita akan lebarkan, namun akan ada lahan pemilik developer yang akan terdampak," ujar Yumasnur menambahkan. 

Untuk normalisasi, pihaknya juga akan menurunkan satu alat berat, agar aliran air kembali lancar.

(ret)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews