Warga Batam Terbantu Kartu JKN: Rutin Dapat Obat Gratis

Warga Batam Terbantu Kartu JKN: Rutin Dapat Obat Gratis

Peserta JKN di Batam (Foto: Istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Untuk memastikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) telah terdistribusi kepada Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI-JK), BPJS Kesehatan Cabang Batam melakukan spot check ke  kecamatan yang ada di Kota Batam dan Karimun.

Spot Check ini dilakukan untuk memastikan bahwa Kartu Indonesia Sehat yang disitribusikan oleh pihak ketiga sudah terdistribusikan dan sampai pada penerimanya yaitu peserta Penerima Bantuan Iuran.

Hal ini kami lakukan dalam upaya memenuhi hak peserta sesuai Pasal 12 ayat 2a Peraturan Presiden Nomor 19 Tahun 2016 bahwa setiap peserta yang telah terdaftar pada BPJS Kesehatan berhak mendapatkan identitas peserta berupa Kartu Indonesia Sehat. Ungkap Tavip Hermansyah Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam dalam rilisnya.

Total lokasi spot check yang kami lakukan adalah sebanyak 49 kelurahan di Batam dan Karimun. Dari 49 kelurahan tersebut sebanyak 321 warga dari jumlah sample yang kami ambil sudah menerima Kartu Indonesia Sehat.

“Selain memastikan KIS bagi peserta PBI JK telah terdistribusi, kegaiatan spot check ini juga bertujuan untuk memastikan data yang tertera di Kartu Indonesia Sehat telah sesuai dengan Kartu Tanda Penduduk peserta dan memastikan setiap peserta hanya memiliki kartu KIS karena apabila double maka salah satu kartu akan ditarik.” kata Tavip.

Salah satu Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan Farida Hanum Sitorus warga Senjulung Kelurahan Kabil mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada program JKN yang diselenggarakan oleh Pemerintah melalui BPJS Kesehatan. Ia mengaku sangat terbantu oleh program JKN untuk mengobati suami yang menderita penyakit stroke dan dirinya yang menderita penyakit diabetes.

Selain untuk pengobatan dan pelayanan kesehatan beliau juga mengikuti program promotif preventif melalui prolanis (Program Pengelolaan Penyakit Kronis) di posyandu di daerah tempat tinggalnya.

“Saya dapat bukunya, ikut senamnya setiap Sabtu, saya juga selalu rutin ambil obat diabetes dan stroke untuk suami saya.”

Tavip berharap kegiatan spot check ini dapat memberikan dampak positif pada peningkatam pelayanan BPJS Kesehatan kepada peserta. Melalui program JKN ini, pula diharapkan banyak masyarakat yang terbantu. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang kesulitan biaya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

(snw)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews