Pelabuhan Domestik Sekupang Pakai Sistem Barcode untuk Tiket Penumpang

Pelabuhan Domestik Sekupang Pakai Sistem Barcode untuk Tiket Penumpang

Pelabuhan Domestik Sekupang, Batam. (foto: batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID,Batam - Pengelola Pelabuhan Domestik Sekupang mulai menggunakan sistem barcode untuk pass pelabuhan. Penerapan sistem barcode untuk menghindari penumpang gelap.
 
"Selama ini banyak keluhan-keluhan, ada penumpang gelap, makanya kita pakai sistem barcode," ujar Deputi III BP Batam, RC Eko Susato Budianto, Sabtu (9/9/2017). 

Nantinya, pass pelabuhan yang berbentuk barcode yang akan disatukan dengan tiket kapal dan pihak pelabuhan sudah menyediakan reader barcode. 

"Barcodenya dibuat bersamaan dengan tiket, jadi sudah satu kesatuan, reader juga sudah kami siapkan," kata Eko. 

Penerapan sistem barcode ini sudah disetujui oleh 10 perusahaan kapal. Selain itu, penumpang kapal juga sudah otomatis terdaftar asuransi jiwa jika terjadi kecelakaan.

"Jadi kecelakaan sudah ada asuransinya, nah pakai barcode sudah tercatat semua, itu membuat penumpang lebih terjamin nantinya," jelas Eko. 

Namun, Eko menyebutkan penerapan sistem barcode masih hanya dilakukan pada Pelabuhan Domestik Sekupang. Sedangkan untuk Pelabuhan Telagapunggur masih ada kendala. 

"Di punggur itu masih banyak kendala, disana belum ada lift barang, penumpang dan barang masih terpisah jadi masih sulit," terang Eko. 

Tahun 2018, Eko dapat memperkirakan sistem barcode juga sudah dapat diterapkan di Telaga Punggur.


 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews