Gempa 8 SR di Meksiko, Peringatan Tsunami Hingga Australia

  Gempa 8 SR di Meksiko, Peringatan Tsunami Hingga Australia

Warga Meksiko keluar rumah saat gempa 8 SR melanda. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Meksiko - Gempa berkekuatan 8 skala richter magnitudo di Meksiko bagian barat daya memicu peringatan tsunami di berbagai negara, termasuk di negara-negara Asia. Ini adalah gempa terbesar di Meksiko sejak tahun 1985.

Getaran hebat dirasakan warga Meksiko pada Jumat dini hari (8/9), membuat warga di berbagai kota berhamburan menyelamatkan diri. Korban tewas yang dilaporkan sejauh ini adalah lima orang, belum diketahui kerusakan yang ditimbulkan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengeluarkan peringatan tsunami untuk beberapa negara usai gempa di Meksiko ini. Hampir seluruh wilayah di benua Pasifik kemungkinan terkena gelombang tinggi. Hanya saja ketinggian gelombang akan bervariasi. 

Di Filipina, sejauh 14 ribu km dari pusat gempa Meksiko, badan cuaca nasional setempat menyatakan siaga tsunami. Pantauan ketat gelombang laut dilakukan di pesisir timur negara tersebut, seperti yang diberitakan oleh Reuters.

Sejauh ini belum ada perintah evakuasi di Filipina, tapi warga diminta tetap waspada dan terus memantau pengumuman di radio jika ada situasi darurat. 

Peringatan tsunami dikeluarkan hampir di seluruh negara Pasifik lainnya di barat Meksiko, termasuk Australia, Indonesia, Malaysia, dan Papua Nugini.  

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews