Bintan Dapat Hibah 2 Unit Kapal Penyeberangan dari Kemenhub

Bintan Dapat Hibah 2 Unit Kapal Penyeberangan dari Kemenhub

BATAMNEWS.CO.ID, Bintan - Kabupaten Bintan mendapatkan hibah dua unit Kapal Pelayaran Rakyat (Perla) dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) di tahun ini. Kedua kapal tersebut akan digunakan untuk transportasi penyeberangan bagi warga di Pesisir Bagian Timur Bintan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bintan, Yandrisah mengatakan 2017 ini Pemerintah Pusat melalui Kemenhub mengibahkan ratusan Kapal Perla ke seluruh Indonesia. Khusus Kepri mendapatkan jatah 10 unit kapal sehingga dirinya mengusulkan agar Bintan mendapatkan tiga unit kapal.

"Kita usulkan tiga. Jika dapat dua unit alhamdulillah. Terpenting bisa melayani warga untuk menyebrang antarpulau," ujar Yandrisah kepada Batamnews.co.id, Kamis (7/9/2017).

Mulai September ini, Dishub Bintan dan Kemenhub sedang meyiapkan proses penghibahaan Kapal Perla tersebut. Direncanakan kapal itu sudah bersandar di Bintan pada akhir November ataupun Desember.

Kapal Perla yang didapatkan Bintan itu terbuat dari bahan kayu. Kapasitasnya sebesar 30 Grose Tone (GT) dan mampu menampung hingga ratusan orang sekaligus. 

Untuk rute pelayarannya yaitu satu kapal melayani Kecamatan Mantang, Bintan Pesisir dan Bintan Timur. Sedangkan satunya lagi Kecamatan Tambelan dan Bintan Timur.

"Setelah dapat kapal langsung kita operasikan. Sehingga warga bisa menikmati fasilitas tersebut," katanya. 

(ary)

 

Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews