Pendapatan Kota Batam dari Sampah Naik Rp 3 Milyar

Pendapatan Kota Batam dari Sampah Naik Rp 3 Milyar

Ilustrasi petugas kebersihan

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Realisasi retribusi dari sektor sampah Kota Batam naik hingga Rp 3 miliar.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Batam saat ini sudah memperoleh Rp 28 miliar dari retribusi sampah menjelang akhir tahun ini, padahal retribusi yang ditargetkan sebesar Rp 25 miliar. 

Kepala Bidang Kebersihan DLH Kota Batam, Muhammad Fairuz Batubara mengakui kenaikan pencapaian target tersebut karena perbulannya perolehan retribusi naik 20 persen. "Iya kita naik menjadi Rp 28 miliar tahun ini," kata dia, Selasa (5/9/2017).

Contohnya bulan ini pihaknya berhasil memungut sedikitnya Rp 2,3 miliar. Jumlah ini jauh lebih baik dari pencapaian tahun sebelumnya yakni Rp 1,9 miliar. Hal ini tidak terlepas dari metode yang digunakan. 

"Alhamdulillah, inovasi dan penerapan peraturan yang baru membuat pengumpulan uang lebih terkontrol, dan sekarang uang retribusi langsung diberikan pada hari itu juga," jelasnya. 

Disinggung mengenai kenaikan tarif retribusi sampah, ia menjelaskan belum ada kebijakan tentang hal itu. Saat ini pihaknya masih fokus pada pelayanan. 

"Ya mereka pasti menuntut pelayanan yang lebih baik, jika kita menaikkan tarif retribusi, misalnya pelayanan ditingkatkan menjadi tiga hingga empat kali satu minggu, tentu mereka bisa menerima kenaikkan tarif," katanya.

Mengenai jumlah objek retribusi, Fairuz menambahkan hingga saat ini masih menggunakan data yang lama. Untuk data yang baru pihaknya masih melakukan pendataan.

"Pendaataan yang baru masih sedang berlangsung," sebutnya.

Pihaknya menargetkan pendataan ini bisa selesai hingga akhir tahun nanti, sehingga bisa dipetakan dan dihitung potensi pendapatan dari retribusi sampah.

"Kalau dilihat dari perkembangan saat ini, tentunya banyak daerah yang akan dilayani pengangkutan sampahnya. Kita berharap seiring perbaikan pelayanan, retribusi bisa ditingkatkan juga," jelas Fairuz.


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews