Gunung Soputan di Minahasa Tenggara Kembali Meletus

Gunung Soputan di Minahasa Tenggara Kembali Meletus

Gunung Soputan di Minahasa Tenggara

BATAMNEWS.CO.ID, Minahasa - Gunung Soputan di Kabupaten Minahasa Tenggara, Sulawesi Utara (Sulut) , meletus, Sabtu (7/3) sekira pukul 17.09 Wita.

Pusat Vulkanologi, Mitigasi Bencana, dan Geologi (PVMBG)  melaporkan kepada Posko BNPB, tinggi letusan mencapai 4.500 meter dan condong mengarah ke bagian Tenggara.

"Awan panas ke arah Barat dengan jarak luncur lebih kurang 2.500 meter," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho.

BPBD Minahasa Tenggara menyebutkan, abu vulkanik menyebar tipis di beberapa wilayah di Kecamatan Silian Raya, Touluaan, Tombatu, dan sebagian di Kecamatan Pasan dan Rataha.

"Status tetap siaga (level 3). Tidak ada pengungsian karena permukiman terdekat berjarak 8 km. Kondisi masyarakat normal," kata Sutopo.

Gunung Soputan dinaikkan status siaga oleh PVMBG sejak 26 Desember 2014 pukul 03.00 Wita dan berlaku hingga saat ini.
Beberapa kali telah terjadi letusan. Gunung Soputan umumnya bersifat eksplosif dengan pusat aktivitas di puncak.

Sutopo menambahkan, aktivitas vulkanik Gunung Soputan dicirikan oleh pertumbuhan kubah lava yang terus bertambah sejak tahun 1991, hingga meluber keluar dari bibir kawah.

"Hal itu menyebabkan sering terjadi guguran lava, dengan jarak luncur sekitar 2 hingga 6,5 km dari puncak ke arah barat," ujarnya.

 

[mdk]

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews