Arus Kuat, BMKG Dabo Singkep Imbau Transportasi Laut dan Nelayan Hati-hati

Arus Kuat, BMKG Dabo Singkep Imbau Transportasi Laut dan Nelayan Hati-hati

Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Dabo Singkep, Sahat Mauli Pasaribu (foto: ist/ruzi)

BATAMNEWS.CO.ID, Lingga - Kondisi arus air laut yang begitu kuat di perairan Kepulauan Riau termasuk di Kabupaten Lingga membuat para nelayan harus berhati-hati dalam melakukan aktivitas.

Kepala Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kelas III Dabo Singkep, Lingga, Sahat Mauli Pasaribu mengatakan, kondisi cuaca di Kabupaten Lingga untuk beberapa hari ke depan akan berpeluang terjadinya hujan yang bersifat ringan hingga sedang disertai angin kencang dan juga petir.

Terjadinya hal tersebut, kata Sahat, disebabkan terdapatnya penumpukan massa udara akibat adanya daerah belokan angin (shearline) di wilayah Kepulauan Riau dan juga berdampak di Kabupaten Lingga.

"Secara umum, kondisi ini masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara. Untuk transportasi laut dan aktifitas kelautan diimbau agar berhati-hati terhadap arus laut yang kuat di seluruh wilayah perairan Kepulauan Riau, termasuk perairan Lingga," kata dia ketika dihubungi Batamnews.co.id, Senin (28/08/2017).

Ia melanjutkan, saat ini tinggi gelombang yang terjadi di perairan Lingga khususnya yakni dari 0,2 - 0,7 meter dan arus permukaan 50 cm/detik dari arah Tenggara.

'Kalau untuk titik rawannya tidak ada. Paling-paling yang perlu diperhatikan itu, suatu daerah yang tidak baik daya serap air, seperti drainase nya tidak baik, sungai yang dangkal dan tidak ada batu miring yang dipinggir jalan pada sisi tebing, itu bisa membuat banjir dan tanah longsor," ujarnya. 

(Ruz)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews