Perusahaan Aki Asal Jepang Furukawa Battery Jadikan Kepri Basis Pasar

Perusahaan Aki Asal Jepang Furukawa Battery Jadikan Kepri Basis Pasar

Direktur dan beberapa petinggi Furukawa Battery saat Konferensi pers di Hotel Ibus Styles Seraya Batam, Minggu sore (28/8/2017). (Foto: Ist/ Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Sempat hadir di Indonesia 30 tahun yang lalu dan kemudian menghilang. Sekarang Furukawa Battery terus berkembang pesat di negara ini.

"Hingga saat ini penjualan Furukawa Battery mencapai 1000 unit setiap bulannya di Kepri," ujar Area Manager Furukawa Battery Kepulauan Riau Gunawan Lim, bersama jajaran FB diantara Yamakawa Direktur FB Japan, Nurul Huda Planing and Administration FB Japan dan Deni Teknikal Pabrik di Purwakerto ketika jumpa pers di Ibis Styles Hotel Seraya, Batam, Minggu (27/8/2017).

Furukawa Battery sudah hadir sejak 100 tahun lebih yang lalu di Jepang. Namun baru bisa masuk ke pasar Indonesia tahun 2014 lalu.

"Kita sebenarnya sudah ada di Indonesia 30 tahun yang lalu. Namun karena beberapa hal FB kembali ke Jepang untuk memperkuat tentunya," ujar Nurul Huda. 

Di Indonesia sudah ada satu pabrik utama di bawah PT. Furukawa Indomobil Battery Manufacturing tepat berada di kawasan industri Bukit Indah Purwakarta. Disana merupakan pusat produksi kedua di Asia Tenggara setelah Thailand.

"Kita menjadikan Indonesia salah satu pilihan karena memang Indonesia merupakan negara padat penduduk, namun juga padat dengan kendaraan, itu tidak bisa kita pungkiri," ujar Huda menjelaskan. 

Memiliki tekhnologi perusahaan ramah lingkungan, pabrik Purwakarta berhasil memproduksi tiga juta unit battery aki per tahun untuk kendaraan mobil dan motor.

"FB telah berpengalaman dalam industri tekhnologi battery dan telah digunakan diberbagai bidang seperti satelit luar angkasa, pesawaat tempur Jepang, kereta cepat Shinkansen, kapal marinir Japang serta indsutri automotif mobil dan motor," ujar Deni memaparkan keungulan FB. 

Hampir semua mobil di Jepang terdapat kontribusi FB, seperti mobil Toyota Land Cruser, Honda Odysses, Suzuki Eskudo, dan lainnya. "Kita pernah analisa, memang yang paling banyak digunakan pada komponen mobil ya AKI Furukawa Battery," tegas Deni.

Sedangkan di Kepri Furukawa Battery hadir bersama PT Prosperimdo Autoparts sebagai main distributor, dimana produk sudah sampai ke Tanjungpinang, Tanjung Balai Karimun.  

"Di Batam kita hanya punya kantor distributor di Sungai Panas, direncanakan kedepan akan dibangun pabrik sendiri karena kita berada di antara negara asia lainnya. Mungkin tidak perakitan disini secara full, bisa jadi hanya pabrik untuk packing saja," tambah Gunawan. 

Selain sudah hadir sejak beberapa abad yang lalu FB mempunyai keungulan dari battery jenis lain. Pertama bahan bakunya kualitas terbaik terdiri dari timah murni 99.99% sehingga dapat meningkatkan arus listrik yang lebih baik, kedua pengunaan separatos yang tipis dan berpori untuk meningkatkan peforma batery sehingga mudah distarter ketika pertama kali mobil di hidupkan, ketiga kontruksi play dan partisi dirancang khusus oleh medin robotic sehingga lebih tahan saat getaran, keempat memberikan keamanan karena menerapkan vent plug sehingga low maintenance.

"Saat ini di Indonesia pasar FB sendiri mengalami peningkatan, salah satu pembangunan kereta cepat juga ada kontribusi FB," ujar Gunawan. 

Direktur Furukawa Battery, Yamakawa mengatakan, demi berkembangnya perusahaan ini di Indonesia, FB terus menjalin kerjasama dengan beberapa relasi di Indonesia seperti Indomobil dan lainnya.

"Sudah empat tahun yang lalu kita hadir di Indonesia, semoga FB terus dikenal masyarakat luas," ujarnya dengan logat oriental. ***

(Yes)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews