Terkesan dengan Riau, Irjen Pol Zulkarnain: Masyarakatnya Sangat Ramah

Terkesan dengan Riau, Irjen Pol Zulkarnain: Masyarakatnya Sangat Ramah

Irjen Pol Zulkarnain Adinegara. (foto: ist/inforiau)

BATAMNEWS.CO.ID, Pekanbaru - Irjen Pol Zulkarnain Adinegara segera pulang kampung ke Sumatera Selatan. Jenderal bintang dua ini mengakhiri jabatan sebagai Kapolda Riau dan ditugaskan dengan jabatan barunya sebagai Kapolda Sumatera Selatan.

Hal ini tertuang berdasarkan Surat Telegram ST/2032/VIII/2017, Jumat (25/8). Surat itu, ditandatangani oleh Asisten SDM Kapolri, Irjen Arief Sulistyanto MSi, atas nama Kapolri, Jenderal Tito Karnavian.

Saat dihubungi, Mantan Kapolda Maluku Utara itu, membenarkan kabar itu.  "Benar, saya pulkam," ucapnya.

Dirinya yang belum segenap setahun sebagai Kapolda Riau, mengaku sangat terkesan dengan Provinsi Riau. "Masyarakat disini (Riau) sangat ramah. Saya sangat terkesan," tuturnya.

Selama menjabat sebagai Kapolda Riau, Zulkarnain dikenal cukup tegas, khususnya di Internal Polda Riau.

Seperti ada anggotanya yang melakukan tindak pidana, Zulkarnain dengan tegas memerintahkan Propam untuk memprosesnya. Apalagi ada anggota yang terlibat peredaran narkoba, Zulkarnain tidak main-main. Bahkan beberapa waktu lalu, pemberitaan dihebohkan dengan oknum anggota Polres Bengkalis yang  tewas ditembak karena kedapatan membawa narkoba.

Selain itu, baru-baru ini, Zulkarnain juga meminta kepada pihak kejaksaan untuk menghukum mati oknum anggota Polres Kepulauan Meranti, karena terlibat dengan peredaran narkoba.

Dalam Surat Telegram itu, Zulkarnain menggantikan Irjen Pol Drs Agung Budi Martoyo MSi, yang ditugaskan sebagai Kapolda Jawa Barat. Kapolda Jawa Barat Ijen Anton Charliyan dimutasi.

Pengganti Zulkarnain sendiri dalam Surat Telegram itu adalah Brigjen Pol Drs Nandang MH. Nandang sendiri, merupakan Kapolda Sulawesi Barat.

Selain Kapolda Riau, beberapa pejabat utama di Polda Riau juga mengalami pergeseran. Dalam Surat Telegram itu, Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Riau, Kombes Pol Agus Santoso SIK, diangkat dalam jabatan barunya sebagai Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Jawa Timur. Penggantinya adalah AKBP Hady Poerwanto SIK, yang sebelumnya menjabat sebagai Wakil Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sumatera Selatan.

Selanjutnya, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau, diisi oleh AKBP Gidion Arif Setyawan SIK SH MHum, yang kini masih bertugas sebagai Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Metro Jaya.

Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Riau ini, sempat kosong beberapa minggu, ditinggal oleh Kombes Pol Jhonny Eddizon Isir SIK MTCP, yang kini telah penugasan pada Setmilpres sebagai Ajudan Presiden Joko Widodo.

Kemudian, Wakil Direktur Reserse Narkoba Polda Riau, Yanri Paran Simarmata SIK, diangkat dalam jabatan barunya sebagai tim Analis Bidpdakt Pusiknas Bareskrim Polri. Terakhir, Wakil Direktur Binmas Polda Riau, AKBP Nanang Purnomo SH MH, diangkat dalam jabatan barunya sebagai Kabid Humas Polda Kalimantan Barat.

(fan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews