Tren Rekrut Pengawal Cantik di China, Foto-foto Latihannya Bikin Gagal Fokus...

Tren Rekrut Pengawal Cantik di China, Foto-foto Latihannya Bikin Gagal Fokus...

Tren baru wanita di China menjadi bodyguard orang-orang kaya. (foto: istimewa/reuters/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Beijing - Setahun lalu, Yang Donglan yang berparas rupawan masih menekuni profesi staf promosi sebuah produk kecantikan. Kini, setelah menjalani program pelatihan melelahkan, ia menekuni dunia yang benar-benar baru sebagai pengawal pribadi.

"Saya kerap bepergian ke berbagai tempat mengawal bos. Ini membuka mata saya," katanya.

Semua bermula saat ia memutuskan menempuh pendidikan di Tianjiao International Security Academy, sebuah kamp pelatihan di Beijing yang didirikan pada 2008. Kamp ini khusus memasok pengawal pribadi bagi kaum elite China yang kini jumlahnya terus berlipat.

Dia belajar banyak hal dengan tempaan fisik luar biasa, mulai merangkak melalui lumpur pada musim dingin, belajar menggunakan senjata api, hingga tetap terjaga selama 24 jam dalam apa yang dia sebut sebagai "pelatihan setan".

Orang-orang kaya di China kini memang dilanda "demam" baru: memiliki pengawal pribadi, khususnya wanita-wanita cantik. Jumlah permintaan ke kamp pelatihan ini terus meningkat dari waktu ke waktu.

Pada 2013, China memiliki 317 miliuner, terbanyak kedua setelah Amerika Serikat, menurut peringkat yang disusun oleh Hurun Report--daftar orang kaya mirip keluaran Forbes.

Meningkatnya permintaan pengawal cantik diakui Chen Yongqing, pendiri Tianjiao International Security Academy dan mantan pengawal. Ia mengatakan jumlah siswa perempuan terus meningkat. Menurut dia, pengawal wanita memiliki keuntungan lebih dibanding rekan-rekan pria mereka, terutama karena jumlah jutawan dan miliarder perempuan juga meningkat.

"Pengawal wanita lebih menarik bagi pengusaha perempuan atau anggota keluarga majikan laki-laki," katanya.

Ia mengatakan pengusaha lebih memilih pengawal perempuan karena mereka tidak menonjol.

Dia mengatakan tak semata mengajarkan pelatihan fisik kepada calon pengawal wanita. "Mereka juga diberikan pelatihan tentang hal-hal seperti mencicipi anggur hingga berkomunikasi secara efektif dengan bos mereka," katanya. "Mereka tidak hanya berfungsi sebagai pengawal, tapi kadang-kadang sebagai asisten pribadi bos."

Chen mengatakan banyak faktor yang menyebabkan peningkatan jumlah pengawal wanita. Selain terbatasnya pekerjaan, gaji sebagai pengawal juga lebih tinggi. Begitu juga kesempatan bertemu dengan orang-orang penting. Selain itu, tingkat kepercayaan diri wanita Cina juga kian meningkat. "Perempuan saat ini lebih percaya diri dalam mengambil karier yang biasanya dianggap didominasi laki-laki," kata Chen.

Ini foto-foto latihannya:

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews