Polisi Malaysia Janji Selidiki Insiden Bendera Indonesia Dicetak Terbalik

Polisi Malaysia Janji Selidiki Insiden Bendera Indonesia Dicetak Terbalik

Bendera Indonesia yang dicetak terbalik di buku panduan Sea Games Malaysia 2017. Buku ini sudah terlanjur beredar. (foto: istimewa)


BATAMNEWS.CO.ID, Kuala Lumpur – Menteri Luar Negeri (Menlu) Malaysia, Datuk Sri Anifah Haji Aman, meminta maaf atas kesalahan pencetakan bendera merah putih milik Indonesia di Buku Panduan SEA Games 2017. Sebagaimana diketahui, bendera merah putih Indonesia dicetak terbalik hingga menyerupai bendera nasional Polandia.

“Mewakili Pemerintah Malaysia, Kementerian Luar Negeri, ingin menyatakan penyesalan atas kesalahan tidak sengaja yang dilakukan oleh Panitia Penyelenggara Malaysia (MASOC) atas kesalahan pencetakan bendera Indonesia pada buklet resmi Upacara Pembukaan SEA Games ke-29,” tulis Kementerian Luar Negeri Malaysia yang dimuat di Facebook resmi mereka, Minggu (20/8/2017).

“Juga sebagai perwakilan Pemerintah Malaysia, kami ingin meminta maaf kepada Pemerintah dan masyarakat Indonesia. Dalam hal ini, kami memastikan kepada Pemerintah Indonesia bahwa setiap langkah sudah diambil untuk menyelesaikan situasi tidak menyenangkan ini,” sambung pernyataan tersebut.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Khairy Jamaluddin, yang sekaligus bertindak sebagai Ketua MASOC sudah bertemu dengan Menpora Imam Nahrawi untuk menyampaikan permintaan maaf secara langsung. Permohonan maaf dilakukan dalam pertemuan tertutup pada pukul 12.00 waktu setempat.

“Malaysia menempatkan pentingnya hubungan persaudaraan yang dekat dan mengakar dengan Indonesia. Memang, peringatan 60 tahun berdirinya hubungan diplomatik tahun ini adalah kesempatan yang telah kita baktikan untuk mendedikasikan kembali diri kita kepada nilai-nilai, budaya, dan takdir kita bersama,” tulis Kementerian Luar Negeri Malaysia. 

Menlu Datuk Sri Haji Anifah Aman berharap dan yakin bahwa kedua negara akan tetap melanjutkan hubungan dekat setelah insiden tersebut dinyatakan selesai. Ia juga berharap kedua negara akan terus menguatkan hubungan Jakarta dengan Kuala Lumpur serta kawasan Asia Tenggara secara keseluruhan.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Indonesia melalui Kedutaan Besar RI (KBRI) di Kuala Lumpur telah melayangkan nota diplomatik untuk memprotes insiden tersebut. Menlu Indonesia Retno Lestari Priansari Marsudi pun telah menyampaikan hal tersebut kepada Menlu Malaysia, Dato Sri Anifah Aman.

Itikad baik juga ditunjukkan Kepolisian Malaysia yang menyatakan akan melakukan penyelidikan terhadap kesalahan pencetakan tersebut. Direktur Cabang Khusus Kepolisian Malaysia di Bukit Aman, Datuk Seri Mohamad Fuzi Harun mengatakan, pihaknya akan meminta penjelasan dari pihak terkait.

Ia menyatakan tidak ingin Indonesia berkecil hati atas insiden bendera merah putih yang dicetak terbalik. Datuk Seri Mohamad Fuzi Harun berjanji hal yang tidak diinginkan seperti insiden tersebut tidak akan terjadi lagi di masa depan.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews