Nonaktifkan Notifikasi Ponsel 1 Hari Bisa Bikin Perubahan Besar

Nonaktifkan Notifikasi Ponsel 1 Hari Bisa Bikin Perubahan Besar

Ilustrasi notifikasi dalam Facebook. (Shutterstock)

BATAMNEWS.CO.ID - Tidak bisa disangkal, setiap melirik ponsel ada permintaan menarik perhatian. Aplikasi dengan kejam akan merebut perhatian Anda, dan tidak peduli jika sudah menggunakan salah satu saudara mereka.

Jadi mengapa tidak mematikannya saja? Untuk mencoba ini, Martin Pielot dari perusahaan telekomunikasi Spanyol Telefónica dan Luz Rello dari Carnegie Mellon University, Pennsylvania, memutuskan untuk menciptakan Tantangan Jangan Ganggu - satu minggu tanpa pemberitahuan.

"Akhirnya kami mundur hingga 24 jam," ucapnya.

Meski sehari tanpa pemberitahuan sepertinya tidak terlalu lama, cukup bagi 30 peserta untuk melihat beberapa efek yang cukup besar. Orang-orang khawatir mereka kurang responsif dan umumnya lebih cemas tentang apa yang mereka lewatkan.

Di sisi lain, mereka kurang terganggu dan lebih produktif. Indikator terbesar bagaimana seseorang yang stres akan menemukan pengalaman adalah harapan sosial terhadap mereka.

"Jika Anda jarang merespons dengan cepat, mungkin tidak merasa stres selama menghadapi tantangan ini, tetapi jika Anda memiliki atasan yang mengharapkan tanggapan cepat, maka situasinya berbeda," kata Pielot.

Setelah mendapat tantangan, dua pertiga peserta mengatakan bahwa mereka akan mengubah cara mereka mengelola notifikasi mereka.

Anehnya, separo benar-benar terjebak dengan tujuan ini dua tahun lalu, menunjukkan bahwa liburan singkat adalah intervensi yang kuat.

"Jika Anda memiliki pemberitahuan terus-menerus menarik perhatian Anda, kami tahu bahwa Anda cenderung melakukan kesalahan dan Anda cenderung tidak menyelesaikan pekerjaan," kata Anna Cox dari University College London Interaction Center.

Karena itu, penting untuk menemukan cara untuk mengelola notifikasi, tapi juga kecenderungan untuk memeriksanya.

Cox menyarankan untuk mematikan notifikasi email saat bersama teman atau melepas smartwatch saat tiba di rumah.

"Orang-orang memeriksa media sosial sepanjang waktu bahkan tanpa berpikir hanya karena semua ada di telepon Anda," kata Cox.

 

Baca artikel menarik lainnya di Suara.com


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews