Finlandia Masuk Kalender MotoGP 2019, Apa Kabar Indonesia?

Finlandia Masuk Kalender MotoGP 2019, Apa Kabar Indonesia?

Sirkuit Kymi Ring, Finlandia. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Grand prix (GP) Finlandia dipastikan bergabung dalam kalender MotoGP 2019. Kepastian tersebut didapat setelah pemegang hak komersial balap -Dorna Sport- menandatangani kontrak kerjasama berdurasi lima tahun dengan otoritas di Kymi Ring. 

Sirkuit baru yang terletak di Iitti awalnya diperkirakan masuk kalender MotoGP 2018. Namun, Thailand sudah lebih dulu menggunakan slot yang disediakan Dorna untuk putaran balap musim depan. Thailand maju sebagai tuan rumah MotoGP dengan modal Sirkuit Buriram. 

"Dengan senang hati kami mengumumkan kesepakatan yang dilakukan dengan Kymi Ring. Pekerjaan sedang berjalan, saat ini proses berikutnya hanya tinggal lapor ke FIM," kata CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dikutip MotoGP.com, Rabu (2/8/2017). 

Sementara itu, pejabat Kymi Ring - Kari O. Sohlberg- mengatakan pihaknya yakin penyelenggaraan balap MotoGP di Finlandia akan berlangsung lancar. Kata Sohlberg, Finlandia memiliki reputasi bagus sebagai tuan rumah event balap berskala internasional. 

"Finlandia punya reputasi bagus sebagai penyelenggara event internasional besar. Contohnya adalah WRC Rally Finland yang digelar beberapa waktu lalu. Finlandia juga melahirkan banyak pembalap legendari sejak GP Imatra," kata Sohlberg. 

Sekadar informasi, sebelum Finlandia memastikan diri sebagai tuan rumah MotoGP, Thailand dan Indonesia sudah berlomba-lomba memenangkan slot yang disediakan Dorna. Thailand berhasil meyakinkan Dorna bahwa mereka siap menggelar MotoGP sementara Indonesia gagal jadi tuan rumah MotoGP karena belum ada sirkuit yang dianggap memadai. 

Sampai saat ini, belum diketahui apa perkembangan Sirkuit Jakabaring di Palembang, Sumsel. Rencananya Sirkuit Jakabaring akan jadi tempat race MotoGP. Kabar terakhir, pembangunan Jakabaring diundur.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews