Barang Ketingggalan di Pesawat, Ini 6 Langkah Mencarinya

Barang Ketingggalan di Pesawat, Ini 6 Langkah Mencarinya

Ilustrasi barang di kabin pesawat. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Bagi yang sering naik transportasi, ada kalanya barang penting dan berharga tertinggal di dalam kabin pesawat. Biasanya penumpang pasti panik dan ingin kembali masuk ke dalam pesawat yang sudah entah ke mana. 

Kalau masih ada, kemungkinan bisa masuk ke dalam kabin pesawat dan mencari barang yang tertinggal. Namun bagaimana jika sudah terlalu lama, bahkan kamu baru ingat ada barang yang tertinggal setelah sampai di tujuan.

Ketimbang bingung sendiri, ikuti langkah berikut ini setelah sadar ada barang yang tertinggal di dalam pesawat:

1. Segera kembali ke pintu kedatangan
Jika kamu masih berada di area bandara dan teringat ada barang yang tertinggal di dalam pesawat, lekas kembali ke pintu kedatangan karena kemungkinan pesawat yang barusan ditumpangi sedang dibersihkan setelah semua penumpang turun. Pastikan ingat di mana kursimu dalam pesawat agar awak maskapai bisa langsung menemukan apa yang dicari.

2. Tanyakan pada kantor klaim bagasi maskapai
Jika kamu tidak sadar telah meninggalkan sesuatu di pesawat sampai beberapa saat setelah turun, dan masih di bandara tapi tidak di terminal kedatangan, datanglah ke kantor klaim bagasi maskapai penerbangan tadi. 

Sebaiknya datangi langsung karena dengan interaksi tatap muka, kamu bisa melihat proses pelacakan secara langsung. Mungkin juga barang yang tertinggal di kabin pesawat disimpan di tempat klaim bagasi maskapai.

3. Hubungi bandara
Jika kamu sudah meninggalkan bandara, maskapai penerbangan untuk mengetahui prosedur untuk menemukan barang yang hilang.

4. Isi formulir resmi untuk informasi kehilangan barang
Akses situs perusahaan penerbangan yang ditumpangi dan isi formulir secara spesifik barang yang hilang, nomor penerbangan, nomor tempat duduk, dan informasi pribadimu. Semakin banyak rincian yang bisa diberikan tentang waktu penerbangan, gate, bandara, deskripsi barang, dan lainnya, akan semakin baik.

5. Tindak lanjuti formulir kehilangan barang ke customer service
Hubungi customer service maskapai penerbangan dan tanyakan kepada mereka langkah-langkah apa yang harus diikuti. Setiap perusahaan penerbangan mungkin memiliki prosedur penanganan yang berbeda. 

Tanyakan ke divisi lost and found dan beritahu mereka bahwa kamu juga telah mengajukan formulir kehilangan barang secara online. Tinggalkan nomor teleponmu yang dapat dihubungi untuk memudahkan petugas maskapai menghubungi jika barang milikmu ditemukan.

6. Lacak perangkatmu
Jika kamu kehilangan barang yang memiliki fungsi pelacak, seperti ponsel atau komputer tablet, gunakan aplikasi ini untuk mengetahui di mana lokasi barangmu yang hilang. Hanya saja, jika perangkat dalam mode pesawat terbang, maka aplikasi pelacakan tidak akan berfungsi.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews