Dua Anak Petani Terima Penghargaan Adhi Makayasa

Dua Anak Petani Terima Penghargaan Adhi Makayasa

Presiden Joko Widodo menganugerahkan Adhi Makayasa kepada para perwira pertama yang resmi dilantik di Halaman Istana Merdeka, Selasa (25/7) pagi. (Foto: Humas/Jay)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Sebanyak dua perwira anak petani asal Jawa Timur dan Yogyakarta menerima Adhi Makayasa sebagai penghargaan bagi lulusan terbaik taruna taruni dari setiap Akademi Angkatan TNI dan Akademi Kepolisian.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menganugerahkan Adhi Makayasa kepada empat lulusan terbaik dalam acara Prasetya Perwira TNI dan Polri di Halaman Istana Merdeka, Selasa (25/7) pagi.

Keempat lulusan terbaik itu adalah Letda Inf Wiraswanrill Sagala dari Angkatan Darat, Letda Teknik Samsul Huda dari Angkatan Laut, Letda Elektro Bernadinus Yoga Kristian dari Angkatan Udara, dan Ipda Pol Ade Hertiawan Juliansyah dari Akpol.

Wiraswanrill Sagala berasal dari SMAN 1 Sumbul, Sumatra Utara, anak Pegawai Negeri Sipil (PNS), Samsul Huda dari SMAN 1 Babat, anak petani yang berasal dari Lamongan, Jawa Timur, Bernadinus Yoga Kristian dari SMU Taruna Nusantara, anak petani Bantul, DI Yogyakarta dan Ade Hertiawan Juliansyah, juga dari SMU Taruna Nusantara, anak pedagang dari Kalimantan Barat.

Keempat orang tersebut merupakan bagian dari 729 Perwira Pertama yang dilantik oleh Presiden Jokowi. Ke-729 perwira itu terdiri atas 224 orang Akademi Militer (208 Taruna dan 16 Taruni), 94 orang taruna Akademi Angkatan Laut (84 Taruna dan 10 Taruni), 117 orang taruna Akademi Angkatan Udara (105 Taruna dan 12 Taruni) dan 2 orang taruna National Defence Academy (NDA).

Sedangkan taruna polisi berjumlah 292 orang, yang terdiri dari 243 taruna dan 49 taruni.

Dalam amanahnya, Presiden Jokowi meminta kepada para perwira remaja untuk siap menghadapi perubahan kemajuan global serta keamanan negara dari tindak teror internasional. Kepala Negara berpesan agar para perwira dan aparat TNI serta Polri bekerja secara profesional sesuai peraturan dan kode etik yang berlaku.

Presiden memberi arahan agar TNI dan Polri terus menjaga soliditas dan bersinergi dalam menjaga keamanan dan kedaulatan NKRI.***

(isk)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews