Cara Bikin Paspor Melalui WhatsApp, Jangan Kirim Antrean dari Subuh

Cara Bikin Paspor Melalui WhatsApp, Jangan Kirim Antrean dari Subuh

Ilustrasi (foto : ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kantor Imigrasi Kelas I Batam memberlakukan sistem layanan antrean pembuatan paspor melalui aplikasi pesan WhatsApp. Namun, sejauh ini masyarakat Batam belum banyak yang memahami sistem tersebut.

"Banyak yang sejak subuh sudah kirim pesan antrean melalui Whatsapp. Padahal layanan dibuka mulai 07.30 hingga 10.00 WIB," kata Kabid Lalu Lintas dan Status Kemigrasian Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam, Feddy M Pasya dikutip batamnews.co.id dari Antara, Senin.

"Artinya dari sistem kami yang terhitung mulai pukul 07.30 WIB. Yang sebelumnya tidak akan mendapat antrean," kata dia

Selain itu, kata Feddy, banyak yang kirim pesan hingga berkali-kali termasuk di luar hari kerja sehingga secara otomasis tidak mendapat konfirmasi mengenai antrean pembuatan paspor.

"Sebenarnya bagi yang mengirimkan pesan untuk mendapat antrean mulai pukul 07.30 WIB pasti direspon. Namun jika melebihi kuota layanan harian akan mendapat balasan jika belum bisa dilayani pada hari yang dimaksud dan harus kirim lagi pada hari berikutnya," ujarnya.

Feddy mengatakan, mengingat petugas yang terbatas, maka Kantor Imigrasi Kelas I Khusus Batam hanya melayani sekitar 270 pemohon setiap harinya.

"Itu disesuaikan dengan perkiraan waktu pelayanan per paspor dengan jumlah pegawai kami. Sehingga jumlah yang bisa dilayani sekitar 270 orang pemohon," kata Feddy.

Dengan kondisi tersebut ia meminta masyarakat memastikan mengirim satu pesan saja mulai pukul 07.30 WIB sehingga bisa mendapatkan nomor antrean pembuatan paspor.

Pengiriman pesan untuk mendapatkan nomor antrean diharapkan sesuai format yang disediakan sehingga mempermudah saat konfirmasi.

"Format yang tepat yaitu NAMA#TGL.LAHIR#ALAMAT + Foto EKTP (Akte Lahir untuk anak-anak) dan dikirim ke 082288862017," kata dia.***

 

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews