Cina Resmi Tutup Akses WhatsApp

Cina Resmi Tutup Akses WhatsApp

Ilustrasi penggunaan WhatsApp. [Shutterstock].

BATAMNEWS.CO.ID - Pemerintah Cina terus memperketat kontrol internet. Salah satu caranya secara resmi menutup sebagian layanan pesan instan WhatsApp.

Kendati tidak seluruhnya diblokir, pengguna WhatsApp di Cina tidak dapat mengirim video dan foto. Bahkan, beberapa diantaranya tidak dapat mengirim pesan teks.

Pakar keamanan juga memverifikasi sebagian gangguan pada WhatsApp, berasal dari sistem filter internet Cina.

"Menurut analisis yang kami hadapi hari ini di infrastruktur WhatsApp, tampaknya Great Firewall memaksakan penyensoran dengan menargetkan fungsionalitas WhatsApp," kata Nadim Kobeissi, seorang kriptografer terapan di Symbolic Software.

Menanggapi hal ini, seorang juru bicara untuk WhatsApp menolak berkomentar.

Gangguan yang terjadi pada WhatsApp aksi terbaru dari "Great Firewall", sistem filter dan kontrol internet milik Cina.

Dalam beberapa pekan terakhir, pemerintah tampaknya telah meningkatkan cengkeramannya terhadap dunia online. Hal itu juga disebabkan undang-undang keamanan cybersecurity yang baru berlaku.

Tindakan pemerintah Cina merupakan kemunduran lain bagi Facebook di Cina. Sebelumnya, Facebook diblokir pada tahun 2009 karena kerusuhan etnis di Cina barat. Selanjutnya, Instagram diblokir tahun 2014 saat demonstrasi terjadi di Hong Kong.

Kendati demikian, Cina memiliki aplikasi pesan lokal yang sangat populer, WeChat. Dengan pemblokiran ini, diprediksi para pengguna WhatsApp akan hijrah ke WeChat.  

Baca artikel menarik lainnya di Suara.com

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews