Nyuluh, Masuk Kalender Wisata Natuna 2017

Nyuluh, Masuk Kalender Wisata Natuna 2017

Ilustrasi (Foto: mancingmania.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Natuna - Lokasi Pantai Kencana Ranai diprediksi bakal semarak pada 31 Juli 2017 nanti. Dinas Pariwisata merancang kegiatan festival Nyuluh di area pantai.

Hal ini menjadi rangkaian kegiatan kalender pariwisata Natuna pada peringatan hari jadi ke 146 kota Ranai.

Kadispar Natuna, Erson Gempa mengatakan, Nyuluh merupakan aktivitas tradisional rakyat yang menjadi bagian kehidupan masyarakat kepulauan di Natuna sejak lama dalam menangkap ikan.

"Kali ini kita adakan festivalnya. Nyuluh ini kegiatan mencari ikan dan hewan laut lainnya menggunakan tombak dan alat tradisional lain dibantu penerangan malam seperti senter atau lampu petromax," terang Erson, Jumat (21/7/2017)

"Ya memang tergantung pasang surung air laut, kalau air pasang kita ganti namanya dengan Ngarang. Tapi tentu tidak pakai penerangan," tambahnya.

Selain festival Nyuluh, sehari sebelumnya akan diadakan Pekan Expo Natuna 2017 dengan menghadirkan penyanyi reliji, Opick.

Hal ini disejalankan dengan launching brand pariwisata Natuna. Acara dipusatkan di lapangan sepakbola samping SMPN 1 Ranai. Gelaran expo ini berlangsung dari 29 Juli-1 Agustus 2017.

Erson menyebutkan, di sana akan ada atraksi hiburan seperti festival band remaja hingga pertunjukan seni dan budaya nusantara dari beberapa daerah lain di Indonesia.

"Selain itu pada 30 Juli kita menggelar festival di Pulau Senoa, acaranya rekreasi seperti mancing, diving, snorkeling. Ada lomba pacu kolek, lomba fotografi dan bazar kuliner," sebutnya.***

(Fox)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews