Embarkasi Batam Berangkatkan 11.940 Calon Haji

Embarkasi Batam Berangkatkan 11.940 Calon Haji

Ilustrasi - Rombongan Jamaah calon haji dari Prop. Jambi yang tergabung dalam Kloter 18 Embarkasi Batam sedang menuju plasa Indonesia untuk berganti kain ihrom dan selanjutnya menuju Kota Makkah untuk melaksanakan Tawaf Qudum (11/9). (kemenag.go.id via antaranews.com)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Embarkasi Hang Nadim Batam dijadwalkan memberangkatkan 11.940 orang calon haji dari empat provinsi pada musim haji 2017 yaitu Kepulauan Riau, Riau, Jambi dan Kalimantan Barat.

Jumlah calon haji yang diberangkatkan tahun ini bertambah dibandingkan musim haji sebelumnya yang hanya 8.911 orang, karena adanya tambahan kuota haji Indonesia, kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Batam Subadi, Rabu.

"Tahun ini, jamaah dari Kepri sebanyak 1.286 orang, Riau sebanyak 5.030 orang, Jambi 2.900 orang dan dari Kalbar 1.510 orang," kata dia.

Selain itu, embarkasi juga turut memberangkatkan sembilan orang Panitia Pelaksana Haji Daerah dari Kepri, 34 orang dari Riau, 19 orang dari Jambi dan 17 orang dari Kalbar.

Petugas Kloter pendamping jamaah yang diberangkatkan sebanyak 135 orang.

"Seluruh jamaah akan diberangkatkan dalam 27 kelompok terbang," kata dia.

PPIH sudah membagi jadwal keberangkatan setiap provinsi. Kloter pertama akan diisi oleh jamaah asal Kepri, kemudian kloter 2 hingga 10 diisi jamaah asal Riau dan Kloter 11-16 diisi jamaah asal Kalimantan Barat.

Lalu, kloter 16-18 diisi jamaah Riau, kloter 19 diisi jamaah Kepri, Kloter 20-26 diisi jamaah Jambi dan Kloter 27 diisi jamaah asal Kepri.

"Jamaah asal Riau juga ada yang diberangkatkan bersama kloter 26," kata dia.

Sementara itu, sama seperti tahun lalu, jamaah asal Jambi hanya memanfaatkan Batam sebagai Embarkasi Antara.

Sebanyak 2.900 orang calon haji Jambi tidak akan menginap di Asrama Haji Batam, melainkan hanya singgah di Bandara Hang Nadim Batam untuk melanjutkan perjalanan ke Tanah Suci.

Ia menyatakan PPIH telah mempersiapkan berbagai hal untuk memberangkatkan seluruh jamaah haji, termasuk dokumen, kesehatan dan asrama. ***

Baca juga artikel menarik lainnya dari ANTARANEWS.com

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews