Ceritakan Sejarah "Teh Obeng", Film Sutradara Fajri Andika Ini Raih Juara II

Ceritakan Sejarah "Teh Obeng", Film Sutradara Fajri Andika Ini Raih Juara II

Penghargaan diberikan langsung oleh Kepala Disparbud Batam, Febrialin (foto : Margaret/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Film pendek berjudul "Aku, Dia dan Teh Obeng" keluar sebagai Juara II Festival Film Pendek yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam.

Festival film pendek ini diikuti oleh sebelas finalis lainnya. Dan, ditanyangkan secara gratis di bioskop Blitz Kepri Mall, Sabtu (15/7/2017) siang.

Film ini agak sedikit unik, karena menceritakan asal usul dari nama "Teh Obeng" yang sudah menjadi ciri khas dari kota Batam.

Dalam pembuatan film "Aku, Dia dan Teh obeng", sutradara film tersebut sempat riset selama lebih dari dua minggu untuk mendapatkan cerita asal usul dari teh obeng.

"Cukup lama baru mendapat sejarah dari asal Teh Obeng, kami jalan ke tempat-tempat yang menjual teh obeng, dan dari yang kami jumpai, sekitar 50 persen tidak mengetahuinya kemudian kami simpulkan dari pernyataan beberapa orang yang terlihat masuk akal," ujar Fajri Andika, Sutradara film tersebut.

Hasilnya, kata dia, diperoleh bahwa "Teh Obeng" merupakan kata yang berasal bahasa Cina dan terdiri dari O dan Peng, yang artinya O adalah kosong dan Peng adalah Es sehingga jika digabungkan menjadi Teh O Peng artinya Es Teh kosong.

"Namun muncul kesepakatan untuk penamaannya menjadi teh obeng karena terlihat lebih mudah diucapkan dibanding Teh Openg," kata dia.

Adapun kesebelas film pendek yang ikut perlombaan tersebut diantaranya Rentak Berpadu, Perahu Jong, Aku, Dia dan Teh Obeng, Yakin, I Love Batam, Pulau Mak Yong, Wisata Masa Lalu, Terpisah, Pulang, Frame, dan Serum Senja.

Film-film tersebut nantinya akan ditampilkan dalam berbagai kesempatan di berbagai sudut kota Batam.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Febrialin mengatakan, ia akan bekerjasama dengan Organisasi Perangkat Daerah lainnya untuk penayangan film pendek tersebut.

"Kami akan coba koordinasi dengan OPD terkait untuk penayangan film pendek yang terpilih ini, karena film ini sebagai media untuk memperkenalkan pariwisata kota Batam," ujar Febrialin.***

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews