Forbes Rilis Klub Sepak Bola Paling Kaya Sejagat, Ini Pemenangnya

Forbes Rilis Klub Sepak Bola Paling Kaya Sejagat, Ini Pemenangnya

Ilustrasi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, London - Forbes kembali merilis klub sepak bola paling kaya sejagat untuk tahun 2017 ini. Posisi pertama yang tahun lalu dipegang oleh Real Madrid diambil alih oleh Manchester United.

Ya, Manchester United (MU) memang sedang minim prestasi. Musim lalu, MU hanya meraih satu gelar, yakni Juara Liga Europa.

Meski kering dalam prestasi, namun Manchester United bolah berbangga diri. Menurut data terbaru yang dirilis Forbes, Rabu (12/7/2017), Manchester United menjadi klub sepak bola paling kaya.

Tim yang diasuh Jose Mourinho itu memiliki total kekayaan sebesar 3,69 miliar dolar AS. Melonjaknya pundi-pundi uang United tahun ini dipicu beberapa faktor. Selain dari sponsor dan hak siar, penjualan merchandise turut mendongkrak pemasukan klub. Dari kontrak hak siar televisi, Setan Merah meraup 8,4 miliar pounds selama tiga tahun.

Kekayaan klub yang bermarkas di Old Trafford itu mengungguli dua klub elit Spanyol Barcelona dan Real Madrid.  Barca yang musim lalu hanya meraih titel Copa del Rey tidak lantas kehilangan pamor dan menurun daya jualnya.

Azulgrana yang memiliki Messi dan Neymar masih punya daya jual tinggi. Terbukti klub yang bermarkas di Nou Camp ini mengoleksi kekayaan sebesar 3,64 miliar dolar AS.

Sedangkan juara La Liga sekaligus juara bertahan Liga Champions Real Madrid harus puas berada di bawa Barca. Meski mengoleksi dua gelar bergengsi, klub yang dihuni Ronaldo itu hanya meraup kekayaan 3,58 miliar dollar.

Musim lalu, Real Madrid menjadi tim sepak bola terkaya dengan total 3,65 miliar dolar atau setara Rp 48,3 triliun.. Diikuti Barcelona dengan 3,55 miliar dolar.

Namun, MU, Barca, dan Madrid sebenarnya hanya menempati posisi lima besar klub olahraga dengan nilai jual termahal. Posisi puncak dihuni klub American Footbal asal Texas, Dallas Cowboys dengan total penghasilan sebesar 4,2 miliar dollar. Nilai Cowboys ini meningkat sebesar 5%.

Posisi kedua juga dihuni Tim American Football lainnya, New York Yankees dengan nilai kekayaan 3,7 miliar dollar.

Sebelumnya, selama empat tahun berturut-turut, klub terkaya selalu dipegang Madrid.  

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews