Jokowi Sebut Tiga Provinsi Dikaji Jadi Ibu Kota, Mana Saja?

Jokowi Sebut Tiga Provinsi Dikaji Jadi Ibu Kota, Mana Saja?

Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla berbincang di Istana Negara. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Presiden Joko Widodo bicara soal rencana pemindahan ibu kota negara. Mantan gubernur DKI Jakarta itu menyebut ada tiga provinsi layak menjadi ibu kota dan saat ini sedang dikaji.

Tiga provinsi yang dianggap layak tersebut masih dalam kajian untuk menggantikan Jakarta sebagai ibu kota negara.

“Saya tidak mau menyinggung itu dulu karena masih kajian,” kata Jokowi di sela-sela penyerahan Sertifikat Hak Atas Tanah di Balikpapan International Convention Center, Kalimantan Timur, Kamis (13/7/2017).

Jokowi menolak menyebut nama tiga provinsi yang dimaksud. Alasannya, harga tanah di daerah yang akan menjadi lokasi ibu kota akan melambung.

"Tidak saya buka. Kalau saya buka di Kalimantan Timur misalnya di Berau, nanti semua orang beli tanah di sana. Harga tanah langsung melambung," katanya.

Sejauh ini, Palangkaraya yang merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah digadang-gadang menggantikan status Jakarta sebagai ibu kota negara.

Namun, Kalimantan Timur juga kepingin. Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak menyatakan siap memfasilitasi kebutuhan lahan untuk mempersiapkan ibu kota yang baru.

“Berapa pun besar lahan yang dibutuhkan, kami siap untuk fasilitasi,” ujar Faroek.

Selain itu, Sulawesi Barat juga dianggap cocok menggantikan Jakarta sebagai Ibu Kota.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews