Asman Abnur Terancam Dicopot Bersama Sejumlah Menteri Jokowi

Asman Abnur Terancam Dicopot Bersama Sejumlah Menteri Jokowi

Menpan-RB Asman Abnur (Foto: dok. pribadi)

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Isu perombakan kabinet atau kembali hangat dibicarakan. Presiden Joko Widodo atau Jokowi berencana mengganti para menterinya dalam waktu dekat.

Rencana perombakan tersebut dibenarkan salah seorang pejabat di Istana. Menurut dia, Presiden telah dua kali berdiskusi dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk membahas reshuffle. “Pertama, sebelum Lebaran, dan terakhir pada Selasa sore pekan lalu,” ujarnya seperti dikutip batamnews.co.id dari Tempo.co, Rabu (12/7 2017).

Tiga menteri wanita Jokowi dikabarkan bakal terkena. Sumber Tempo, yang pernah diajak berdiskusi oleh Presiden mengenai perombakan kabinet, mengatakan Rini merupakan salah seorang menteri yang bakal diganti.

Penyebabnya adalah hasil audit investigasi Badan Pemeriksa Keuangan ihwal kerja sama PT Pelindo II (Persero) dengan Hutchison Port Holdings. Menurut audit itu, kontrak kerja sama yang diteken Rini mewakili pemerintah sebagai pemegang saham PT Pelindo II ditengarai merugikan negara Rp 4,08 triliun. 

“Posisi itu menyulitkan Presiden, sehingga pilihan terbaik adalah mengganti Rini,” ujarnya.

Rini belum bisa dimintai komentar. Pesan dari Tempo belum berbalas. Soal audit BPK, ketika ditanyai pada Kamis pekan lalu, dia hanya berujar, “Saya tidak bisa komentar. Saya belum baca (audit BPK).”

Menteri lain yang dikabarkan bakal dicopot adalah Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abnur, serta Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga. 

Tapi Asman mengatakan tidak mengetahui isu tentang rencana pencopotan dirinya dari jabatan menteri. “Saya serahkan pada keputusan Presiden,” ujarnya, kemarin. Sedangkan Puspayoga belum bisa dimintai konfirmasi.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti juga diisukan terkena reshuffle. Ia dikabarkan bakal digeser menjadi Menteri Koperasi. Begitu pula dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani, ada kemungkinan menjadi Menteri Koordinator Perekonomian.

“Setiap tahun ada pihak yang maunya Menteri Susi diganti,” ujar Susi, kemarin. Sedangkan Sri Mulyani hanya menggeleng saat ditanyai soal adanya kemungkinan dia terkena dan ditempatkan di pos kementerian lain.***

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews