Bikin Kaget, Ini Penyebab Harga Menu di Hang Nadim Melambung

Bikin Kaget, Ini Penyebab Harga Menu di Hang Nadim Melambung

Struk harga kopi di Bandara Hang Nadim. (foto: yes/batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kenaikan tarif sewa kios/tenant untuk kafe dan restoran di Bandara Hang Nadim Batam langsung berimbas ke konsumen. Beberapa tarif menu minuman dan makanan juga melonjak naik.

Seorang karyawan bandara mengatakan, satu gelas kopi O yang biasanya Rp 10 ribu sejak 1 April lalu naik menjadi Rp 20 ribu.

"Ya naiklah harganya, kata bos saya, harga sewa kios juga naik drastis," ujar wanita asal Pontianak yang tidak mau disebutkan namanya, Jumat (7/7/2017).

Ia mengungkapkan, dari cerita bos kenaikan itu puluhan juta rupiah, tetapi detailnya ia tidak mengetahui. "Lebih puluhan bang," ujarnya.

Akibat mahalnya harga makanan dan minuman di kafenya, membuat beberapa pelangan kaget dan menanyakan kenaikan tersebut. Apalagi harga kopi O yang naik dua kali lipat.

"Mendengar 20 ribu, orang langsung kaget, haaah, sejak kapan?" katanya menirukan.

Dari pantauan Batamnews.co.id, kafe yang berada tidak jauh dari ruang kedatangan ini, hanya disingahi tiga sampai lima orang secara bergantian. Selain itu, pengunjung yang datang kebanyakan karyawan bandara dan sopir taksi bandara.

Seorang pengunjung, Doni mengaku kaget dengan tarif tersebut bahkan ia hanya minum satu gelas kopi O dan white coffee harus membayar Rp 50 ribu. "Parah kali," ujar Doni.

Senada dengan karyawan kafe, Doni juga mengira berdasarkan cerita temannya di bandara kenaikan tersebut akibat harga sewa kios yang melonjak tinggi.

Dia juga menyayangkan kenaikan itu tidak pandang bulu, semua konsumennya dikenakan tarif yang tinggi, baik untuk bule atau karyawan bandara dipukul rata semua.

"Kalau seperti Singapura kan ada zonanya, ini zona orang miskin ini zona orang kaya, kan enak," ungkapnya.

Kenaikan tarif itu baru dirasakannya awal bulan lalu. Selain tarif minum, makan nasipun di bandara internasional ini seharga Rp 40 ribu satu porsi, dengan telor bulat saja.

Terlihat pada menu salah satu kafe di bandara, satu gelas kopi susu seharga Rp 28 ribu, teh susu Rp 28 ribu, teh tarik 28 ribu. Rata rata minuman Rp 28 ribu. Sedangkan  jus dibanderol dari harga Rp 35 ribu sampai harga Rp 65 ribu.

Kedai kopi yang terkenal di Batam, Morning Bakery tutup sejak tanggal 1 Juli 2017. Kabarnya, Morning Bakery keberatan dengan tarif baru.

(yes)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews