Negara-negara Ini Berhasil Memindahkan Ibu Kotanya

Negara-negara Ini Berhasil Memindahkan Ibu Kotanya

Jakarta dan Palangkaraya. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID  - Pemerintah tengah mengkaji memindahkan ibu kota dari Jakarta. Pemindahan ini disebut untuk meringankan beban Jakarta dan membuat keseimbangan perekonomian Jakarta dan luar Jawa. Meski belum dipastikan, Kota Palangkaraya di Kalimantan Tengah disebut-sebut sebagai calon.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang mempunyai rencana demikian.

Beberapa negara sudah berhasil memindahkan ibu kotanya. Dilansir dari Telegraph, berikut delapan negara yang berhasil memindahkan pusat pemerintahannya:

Rusia
Moskow adalah Ibu Kota Kekaisaran Rusia dari abad ke-14 sampai 1712. Kemudian pindah ke St. Petersburg, agar bisa lebih dekat ke Eropa. Ibu kota Rusia dipindahkan kembali ke Moskow pada tahun 1918.

Brasil
Ibukota Brasil dipindahkan dari Rio de Janeiro yang padat ke kota yang telah dirancang, yaitu Brasilia pada tahun 1961. Setelah menjadi ibu kota, Brasilia tumbuh pesat. Pemindahan ibu kota Brazil dianggap sukses. Banyak negara yang terinspirasi dengan pemindahan ibu kota Brazil ini.

Nigeria
Pada tahun 1991 ibu kota Nigeria dipindahkan dari Lagos karena kepadatan penduduk yang berlebihan. Ibu kota negara berpenduduk terbanyak di Afrika itu berpindah ke Abuja. Kota di Afrika tengah itu sengaja dirancang menjadi ibu kota yang baru. Abuja dianggap lebih netral bagi banyak kelompok etnis dan agama Nigeria.

Kazakhstan
Almaty, di Kazakhstan selatan, adalah ibu kota Kazakhstan ketika negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Uni Soviet pada tahun 1991. Pemerintah memindahkan ibu kota ke Astana, bagian utara Kazakhstan pada Desember 1997. Almaty dianggap tak lagi punya ruang untuk berkembang. Kota itu mempunyai potensi gempa bumi. Lokasinya juga berdekatan dengan negara-negara yang baru merdeka yang berpotensi terkana turbulensi politik.

Belize
Pada tahun 1961, Badai Hattie menerjang Belize City , bekas ibukota Belize. Badai tersebut mengakibatkan kerusakan yang parah. Pada tahun 1970, ibu kota Belize dipindah ke Belmopan, sebuah kota di pedalaman untuk melindungi kegiatan, dokumen, dan orang-orang pemerintah jika terjadi badai lagi.

Tanzania
Pada 1970-an, ibukota Tanzania mulai beralih dari kota pantai Dar es Salaam ke Dodoma yang terletak di pusat kota. Namun meski sudah berselang beberapa dekade, pemindahan itu belum tuntas.

Pantai Gading
Pada tahun 1983, Yamoussoukro menjadi ibu kota Pantai Gading. Ibukota baru ini adalah kota kelahiran Presiden Pantai Gading, Felix Houphouet-Boigny. Ia ingin memacu pembangunan di wilayah pusat Pantai Gading. Namun, banyak kantor pemerintah dan kedutaan tetap berada di bekas ibukota, Abidjan.

Myanmar
Ibu kota Burma dulu adalah Rangoon. Pada bulan November 2005, pegawai pemerintah tiba-tiba diberitahu oleh junta militer untuk pindah ke kota utara Naypyidaw. Kota itu telah dibangun sejak tahun 2002 namun keberadaannya tidak dipublikasikan. Masih belum ada penjelasan jelas mengapa ibu kota Myanmar dipindahkan.

Australia
Pada abad ke-19, Sydney dan Melbourne adalah dua kota terbesar di Australia. Keduanya ingin menjadi ibukota Australia, dan tidak ada yang mau mengalah. Sebagai bentuk kompromi, maka dibangunlah sebuah kota baru sebagai ibukota Australia. Setelah melakukan survei yang mendalam, maka dirancanglah kota Canberra sebagai ibukota Australia. Pada tahun 1927, kota ini resmi menjadi ibukota. Canberra terletak tepat di tengah antara Sydney dan Melbourne.

Pakistan
Ketika pertama kali meraih kemerdekaannya pada tahun 1947, Karachi menjadi ibukota pertama Pakistan. Sekitar tahun 1960an, Islamabad kemudian dirancang dan dibangun sebagai ibukota Pakistan kelak. Pembangunan baru terlaksana pada tahun 1961 dan memakan waktu bertahun-tahun sampai pembangunan tersebut akhirnya selesai.

Pada masa penjajahan, pengembangan di Pakistan hanya berfokus di Karachi saja. Selain itu, Karachi yang terletak di ujung Pakistan membuatnya mudah diserang dari laut Arab. Sementara itu Islamabad lebih dekat dengan pusat militer Rawalpindi. Selain itu Islamabad juga mudah diakses dari seluruh bagian negeri.

(ind)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews