Kritik Masyarakat Memicu Semangat Berubah Disdukcapil Tanjungpinang

Kritik Masyarakat Memicu Semangat Berubah Disdukcapil Tanjungpinang

Suasana pelayanan di Disdukcapil Kota Tanjungpinang. (adi/batamnews.co.id)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang kini sedang berbenah. Tujuannya untuk memberi pelayanan yang lebih baik untuk masyarakat.

"Selama ini, masyarakat berpendapat bahwa datang ke Disduk itu repot, pelayanan kurang memuaskan dan tempat juga kurang memuaskan serta waktu pelayanan sangat lama, itu kita akui," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang Irianto, Rabu (5/7).

Kritik dari masyarakat itulah yang memicu Irianto untuk membenahi sistem di kantornya. Misalnya, ia membenahi fasilliltas ruang pelayanan menjadi lebih besar dan dilengakapi fasillitas penunjang lainnya.

"Kursinya baru, meja pelayanan juga baru. Kita harapkan agar masyarakat menjadi nyaman, termasuk nyaman dalam pelayanan," ujarnya.

Selain membenahi fasilliltas, kata Irianto, pihaknya juga melatih para pegawai untuk mengubah pola pikir untuk peningkatan pelayanan.

"Ruang pelayanan itu bukan satu-satunya nilai tingkat kepuasan masyarakat, yang paling penting adalah bagaimana sikap dalam melayani masyakat, itu paling tinggi nilainya," kata Irianto.

Kemudian, ia menambahkan, dalam memberi pelayanan yang lebih efektif dan efesien kepada masyarakat, maka ia mewajibkan setiap Kepala Kabid dan Kasi di Disduk untuk melakukan evaluasi diri setiap harinya.

"Misalnya mengevaluasi permasalah apa yang timbul pada hari itu, agar tidak terulang lagi kejadian yang sama," katanya.*** (adi)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews