Tentang Kombes Hengki dan Prestasinya

Tentang Kombes Hengki dan Prestasinya

Kapolresta Barelang Kombes Hengki bersama istri. (Dok. batamnews.co.id)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pangkat Komisaris Besar Polisi (Kombes) Polisi Hengki S.I.K M.H, resmi disandang oleh Kapolresta Barelang, setelah diresmikan oleh Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budi Gusdian, Selasa (4/7/2017)

Hengki yang saat diangkat menjadi Kapolresta Barelang, sebelumnya masih berpangkat Ajun komisaris Besar polisi (AKBP). Selama menjabat Wakapolresta Barelang, Hengki ditunjuk menjadi Ketua Tim Saber Pungli Kota Batam dan membongkar beberapa kasus pungutan liar.

Sebelum naik menjadi Kapolresta Barang, pada Maret 2017 lalu, Hengki menjabat Wakapolresta Barelang, dengan Kapolres Kombes Pol Helmy Santika.

Pria kelahiran Pulau Batu 7 Januari 1971 ini, memulai karir menjadi Polisi sejak 1995, dengan pangkat Inspektur Dua (Ipda) dan berdinas di Polres Kepri Timur Polda Riau.

"1995 saya lolos dan menjalani pendidikan Adekami Polisi, setelah itu saya dinas di Polres Kepri Timur waktu itu," kata pria murah senyum tersebut.

Kemudian, menjabat Kaurbinops Reserse Polres Kepri Timur (1997). Setelah itu, Hengki dipromosikan menjadi Kapolsek Khairah Mandah dan pangkatnya naik menjadi Inspektur Satu (Iptu) di tahun 1989.

Setelah itu, Januari 1999, Hengki menjabat sebagai Kasat Serse Polres Inhil, Polda Riau, dan bulan 10 tahun 1999, Hengki menjabat Kapolsektif Karimun Polres Kepri Barat, Polda Riau.

Lalu, anak ke sembilan dari sembilan bersaudara itu, menikah dengan gadis pujaan hatinya, Elitha Marthalina Ulfa pada 25 Maret 2000.

Pada 2001-2002, ia menjadi Kabagops Polres Kampar Riau, dan naik pangkat menjadi Ajun Komosaris Polisi (AKP). Lalu, awal 2003, ia menjabat sebagai Wakasat Reskrim Polrabes Pekanbaru, Polda Riau, pada akhir tahun pindah dengan jabatan PAMA PTIK.

Setelah itu, Hengki menjabat sebagai Kanit II Sat II Dit Reskrim Polda Banten pada 2005. Kemudian, Ia diangkat menjadi Kapolsek Kragiran Polres Serang, dan naik pangkat menjadi Komisaris Polisi (Kompol).

Dari 2007 sampai 2009, Hengki menjabat sebagai Kanit I Ditreskrim Polda Banten, kemudian Pamen Bareskrim Polri.

Karir Hengki terus naik, 2010 naik pangkat menjadi Ajun komisaris Besar Polisi (AKPB) dan berdinas di Unit III Dit V/Tipiter Bareskrim, lalu pindah menjadi Pamen Polda Banten pada 2011, dan Kasubdit 2 Direskrimum dan Direskrimsus Polda Banten, hingga 2012.

Pada 2013, Hengki pindah ke Polres Metro Lampung dan menjabat sebagai Kapolres. Dan kembali pindah pada 2014 sebagai Kapolres Lampung Selatan.

Sebelum pindah ke Polresta Barelang pada 2016 lalu, putra pasangan H Badarudin (alm) dan Imayati (alm) pindah dari Polres Lampung ke Polda Sumbar sebagai Wadirreskrimsus pada 2015.

Bulan Maret 2017, Hengki diangkat menjadi Kapolresta Barelang menggantikan Helmy Santika. Dan pada 1 Juli 2017, bertepatan dengan Hut Bayangkara ke 71, Hengki naik pangkat menjadi Kombes Pol.

"Semakin tinggi jabatan, semakin harus mengabdi pada masyarakat, bagaimana memberikan pelayanan dan keamanan bagi masyarakat," kata Kombes Hengki.

Selamat atas jabatan sebagai Kapolresta Barelang dan kenaikan pangkat menjadi Kombes Pol Hengki S.I.K M.H. ***

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews