Ekonomi Merosot; BI Kepri dan Lantamal IV Cari Solusi

Ekonomi Merosot; BI Kepri dan Lantamal IV Cari Solusi

epala Perwakilan BI Kepri Gusti Raizal menerima tamu kehormatan sekaligus mitra dan stakeholders utama yaitu Danlantamal IV Tanjungpinang Laksmana Pertama TNI R. Eko Suyatno. (dok. batamnews.co.id)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Kepala Perwakilan BI Kepri Gusti Raizal berdiskusi dengan Danlantamal IV Tanjungpinang Laksmana Pertama TNI R. Eko Suyatno di Batam Center, Batam, Rabu (5/7/2017. Pertemuan membahas solusi memulihkan perekonomian Kepri yang kini kian melambat.

Menurut Danlantamal IV Laksma TNI R. Eko Suyatno kegiatan ini dimanfaatkan untuk mencari solusi dan membantu Pemerintah Daerah Kepri untuk memajukan pertumbuhan ekonomi dan iklim investasi khususnya industri pertahanan matra laut dan berkembangnya industri Shipyard di Provinsi Kepulauan Riau.

Kedua pimpinan yang menggawangi lembaga penting di daerah menyepakati bahwa untuk memulihkan perekonomian Kepri yang tercatat hanya tumbuh 2,02% (yoy) pada triwulan I lalu diperlukan kepedulian, kerjasama, dan kolaborasi yang solid antar pengampu keputusan di Kepri.

“Sumber pertumbuhan ekonomi baru yaitu penguatan sektor maritim dan dukungan optimal bagi pengembangan potensi pulau-pulau terluar serta kawasan hinterland merupakan opsi yang dapat digali guna memberi kontribusi lebih dalam ekonomi Kepri,” kata Eko.

Selain itu, “di tengah merosotnya permintaan terhadap industri yang sempat menjadi primadona di Kepri, yaitu galangan kapal, TNI AL sesuai dengan instruksi presiden melalui paket kebijakanmya, secara transparan dan sesuai prosedur memberikan dorongan melalui pemesanan produksi kapal di industri galangan Kepri,” begitu keterangan tertulis dari TNI AL.

BI turut mendukung hal tersebut, meskipun tidak bisa menggantikan permintaan seperti sedia kala, permintaan dari TNI AL setidaknya memberikan kontribusi bagi sektor industri tersebut dan bagi ekonomi Kepri. *** (adi)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews