Kaesang; YouTuber Amatir yang Membuat Vlog Bersama Jokowi dan Obama

Kaesang; YouTuber Amatir yang Membuat Vlog Bersama Jokowi dan Obama

youtube/kaesang via bbc.com/indonesia

BATAMNEWS.CO.ID - Siapa yang bisa mengajak seorang presiden beradu panco? Atau menyuruhnya cukur rambut di tukang cukur gaul - sambil rela diledek kalau rambutnya tipis? Jika presidennya Joko Widodo, maka jawabannya sudah tentu Kaesang Pengarep.

Ketimbang dua saudaranya, Kaesang adalah anak Jokowi yang paling eksis di media sosial. Abangnya Gibran Rakabuming Raka, yang sibuk berbisnis katering dan martabak, enggan tampil dan lebih memilih untuk berkicau lewat akun dagangnya @Chilli_Pari.

Sementara adik perempuannya, Kahiyang Ayu, yang dikabarkan melanjutkan studi magister di Institut Pertanian Bogor, juga tak banyak bersosial media dan disorot wartawan.

Sejak ayahnya terpilih menjadi presiden 2014 lalu, Kaesang banyak dibicarakan terutama karena kemunculannya dalam blog Diary Anak Kampung.

Setahun belakangan, dia juga banyak disorot karena video-video YouTube. Juga, ketika dia menjadi cameo dalam film garapan Ernest Prakasa, Cek Toko Sebelah, sebagai sopir taksi.

Di YouTube, dia mendeskripsikan dirinya sebagai "anak ganteng, perusuh, dan YouTuber amatir", sementara di Twitter dia memilih untuk menulis kata ikoniknya, 'GREGET."

"Yang menarik dari dia karena dia anak presiden, tetapi dia berusaha menunjukan bahwa dia orang yang biasa-biasa saja. Saya rasa dia juga bikin vlog sama dengan vlogger lain ingin menghasilkan karya saja," kata rekan sesama YouTuber, Anggun Adi alias Goenrock.

"Hati-hati loh mas motongnya, nanti tambah jelek," kata Kaesang kepada pencukur rambut yang sedang melayani Jokowi di sebuah toko pangkas rambut. "Ini kalau (hasil potong rambut) bapak bagus, aku tak ke sini sendiri mas. Ini yang percobaan biar bapak aja."

Vlog Kaesang, menurutnya, adalah vlog yang apa adanya dan tidak dibuat-buat. Beberapa kali misalnya, Kaesang mencoba mendobrak citra anak presiden yang sering dianggap benalu dan hidup dalam kemewahan.

Salah satu yang paling baru, dalam video berjudul 'Bapak Minta Proyek' dia mengatakan, "memangnya masih zaman minta proyek sama orang tua yang di pemerintahan, dasar ndeso."

Dalam video yang lain, dia melucu tentang kondisi kamar tidurnya di Singapura yang sederhana - tidak mewah seperti perkiraan orang tentang anak presiden. "Di lemari aku ada mesin ATM dan lantai aku terbuat dari emas 24 karat," ujar Kaesang dalam videonya berjudul 'Pencitraan'.

Lalu apakah dia tampak serius menggarap vlognya sebagai profesi? "Saya belum melihat ke arah sana, kalau lihat vlogger profesional lain kontennya betul-betul khas. Kalau saya melihat dia masih mencari karakter yang pas," sambung Goenrock.

Walau tampak enggan mencampuri urusan politik, Kaesang masih terlihat dekat dengan Jokowi - yang pada akhirnya juga ikutan membuat vlog di akun YouTube resminya: berisi tentang hal-hal santai seperti kegiatan memanah bersama Kaesang, kelahiran anak kambing peliharaan, hingga merekam makan siangnya dengan Raja Salman.

Pengamat media sosial Nukman Luthfie mengatakan baik Jokowi dan Kaesang sama-sama mengambil keuntungan dari vlog-vlog yang mereka buat bersama. Jokowi diuntungkan karena dengan vlognya bersama Kaesang, dia bisa menjangkau anak-anak muda dengan cara yang baru. Sementara Kaesang juga diuntungkan dengan meraup jutaan view ketika dia menampilkan Jokowi di saluran YouTube-nya. ***

Baca lebih lengkap dari BBC.COM/indonesia


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews