12 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Jerman

12 Fakta Menarik Jelang Balapan MotoGP Jerman

Sirkuit Sachsenring, Jerman. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID - Ajang MotoGP akan kembali tersaji pada akhir pekan ini, Minggu, 2 Juli 2017. Seri ke-9 akan berlangsung di Sirkuit Sachsenring, Jerman.

Nantinya, para pebalap akan melangsungkan balapan dengan putaran sebanyak 30 laps. Marc Marquez merupakan pebalap dengan catatan yang paling baik di Sirkuit Sachsenring.

Juara bertahan asal Repsol Honda ini menjadi pebalap dengan kemenangan terbanyak di Jerman bersama rekan setimnya Dani Pedrosa, yakni empat kali. Kemenangan tersebut didapat Marquez dalam empat musim terakhir ini.

Sedangkan Valentino Rossi baru memenangi balapan GP Jerman sebanyak 3 kali. Sebelum menyaksikan sengitnya balapan, simak beberapa fakta menarik GP Jerman yang dirangkum dari situs MotoGP.

Berikut Fakta-fakta Menarik MotoGP Jerman:

1. Balapan kali ini adalah yang ke-79 Grand Prix digelar di Jerman, itu terhitung sejak masih ada di Jerman Barat dan Jerman Timur. GP Jerman telah digelar di sirkuit Nurburgring dan Sachsenring.

2. Tahun ini merupakan kali ke-20 secara beruntun Sachsenring menjadi tuan rumah Grand Prix, sejak 1998.  Sebelumnya Sachsenring memiliki panjang  3,508 km, dan pada 2001 serta 2003 terjadi perubahan menjadi 3,671 km.

3.  Sachsenring adalah salah satu dari lima sirkuit dalam kalender Grand Prix yang miliki arah berlawanan dengan putaran jarum jam. Empat lainnya adalah Circuit of The Americas (COTA) di Austin, Sirkuit MotorLand Aragon, Sirkuit Phillip Island di Australia, dan Sirkuit Ricarco Tormo di Valencia.

4. Hasil terbaik yang diraih pebalap Jerman sejak 1998 pada kelas premier adalah ketika Stefan Bradl finis di urutan keempat pada MotoGP 2013.

5. Sejak kelas MotoGP diperkenalkan pada 2002, Honda menjadi pabrikan paling sukses di kelas premier. Mereka memenangi 11 balapan, termasuk tujuh tahun terakhir secara beruntun.

6. Pebalap Honda selalu menjadi penguasa pole position MotoGP dalam enam tahun terakhir. Pebalap MotoGP non-Honda terakhir yang start dari pole position adalah Jorge Lorenzo bersama Yamaha pada 2010.

7. Pebalap dengan jumlah kemenangan terbanyak di Sachsenring baru adalah Marc Marquez dengan 7 kemenangan (1 x 125cc, 2 x Moto2, 4 x MotoGP). Rekan satu timnya, Dani Pedrosa, mencatat enam kemenangan (2 x 250cc, 4 x MotoGP).

8. Jika menang pada GP Jerman, Valentino Rossi akan menjadi pebalap tertua kedua sepanjang sejarah yang bisa memenangi dua balapan beruntun. Pebalap tertua yang bisa melakukannya adalah Les Graham pada 1952 ketika berumur 41 tahun 21 hari.

9. Setelah GP Belanda, Andrea Dovizioso memimpin klasemen sementara dengan 115 poin. Ini merupakan poin paling rendah ketika pebalap memimpin klasemen setelah 8 seri sejak sistem poin yang dipakai sekarang diperkenalkan pada 1993.

10.  Marc Marquez tak pernah mendapatkan pole position lagi sejak GP Americas di Austin, April lalu. Ini merupakan kali pertama sejak naik ke MotoGP (2013), dia tidak mendapatkan pole position dalam lima balapan beruntun.

11. Empat pebalap teratas di klasemen sementara hanya terpisah dalam 11 poin. Ini merupakan margin terkecil di kelas premier setelah delapan balapan, dengan sistem poin yang dipakai sekarang.

12. Kemenangan Valentino Rossi di GP Belanda, tercatat sudah ada lima pebalap yang meraih kemenangan pada delapan seri pertama MotoGP 2017. Ini merupakan kali pertama terjadi sejak 2006.

(ind)

 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews