GP Jerman

Latihan Bebas Hari Pertama Bikin Duo Yamaha Kesal

Latihan Bebas Hari Pertama Bikin Duo Yamaha Kesal

Vinales (kiri) dan Rossi. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Sachsenring - Duo pebalap Movistar Yahama Valentino Rossi dan Maverick Vinales belum menemukan performa terbaik di Sirkuit Sachsenring. Bahkan, Rossi secara terang-terangan mengklaim punya masalah dengan kondisi lintasan kering dan basah.

Rossi menutup rangkaian sesi latihan bebas di hari pertama dengan berada di posisi 15 dengan 1 menit 29.549 detik atau tertinggal 1.434 detik dari Hector Barbera. Ini cukup berisiko buat The Doctor karena dia harus berjuang untuk melewati kualifikasi 1 (Q1), yang diperkirakan akan diguyur hujan.

"Hari yang sangat sulit dan menyebalkan. Karena saya dalam masalah di kedua kondisi tersebut. Pagi hari kondisi lintasan kering dan saya tidak begitu buruk, apalagi dengan ban medium dimana saya merasa cukup baik. Meskipun saya punya masalah teknis di motor dengan sasis baru, tapi kami melanjutkan dengan yang lain," ungkap Rossi seperti dikutip dari Motorsport, Sabtu (1/7/2017).

"Kecepatannya cukup bagus sampai 10 menit terakhir, saat kami mencoba melancarkan serangan. Tapi saya tidak merasakan ban depan, saya mengalami banyak masalah dan saya lebih lambat dari pada ban yang lebih keras. Itu cukup membuat frustrasi, karena penting untuk mencoba bertahan di posisi 10 besar untuk pergi ke Q2," tambahnya.

Rossi menambahkan sebenarnya sudah punya pengalaman mengaspal dalam kondisi basah. Namun dengan perubahan aspal baru membuatnya banyak masalah.

"Kami tidak bagus dalam keseimbangan motor dan saya selalu sangat lamban. Kami perlu memperbaiki, dalam kedua kondisi, karena seperti ini kami banyak bermasalah."

Sementara Maverick Vinales juga belum dapat memberikan kesan yang bagus selama menjalani sesi latihan bebas di hari pertama. Vinales hanya mampu menyelesaikan tempat di urutan ke-20 setelah mencatatkan waktu 1 menit 30.017 detik atau tertinggal 1.902 detik dari Hector Barbera.

Penyebab kegagalan Vinales lantaran hujan turun di FP2. Pemilik nomor 25 itu pun merasa heran mengapa dirinya kurang kompetitif selama menjalani latihan bebas di trek basah.

"Saya sangat senang selama menjalani sesi pagi dengan cara motor bekerja, cukup konsisten, dengan semua ban yang kami coba. Cukup bagus dan stabil," ungkap Vinales seperti dikutip dari Motorsport, Sabtu (1/7/2017).

"Tapi di sore hari saya tidak tahu mengapa kami banyak berjuang mengatasi masalah ini. Ini tidak normal, biasanya kami kompetitif - bukan yang terbaik, tapi kompetitif. Tapi ini perasaan yang sama sekali berbeda. Jujur saja, titik pengeremannya cukup oke, tapi saat saya melepaskan rem, maka banyak masalah datang. Jadi kami harus bekerja keras," ujar Vinales.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews