BP Batam Tak Tahu Ada Aturan Melarang Bangunan Lebih Tinggi dari Ikon WTB

BP Batam Tak Tahu Ada Aturan Melarang Bangunan Lebih Tinggi dari Ikon WTB

Pembangunan apartemen mewah di sekitar ikon Welcome To Batam, Batam Center. (Foto, yes/batamnews.co.id)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - BP Batam membenarkan bahwa di depan landmark “Welcome To Batam” akan dibangun hotel dan apartemen. "Ya, kalau berdasarkan HPL (Hak Penggunaan Lahan), " ujar Dirhumas dan Promosi BP Batam, Purnomo Andiantono, kepada batamnews, Kamis (29/6/2017).

Andi tak mengetahui soal ada aturan khusus yang menyebutkan bahwa di lokasi itu tidak bolah ada bangunan yang lebih tinggi dari landmark Welcome To Batam. Ia justru mempertanyakan aturan itu. "Belum tahu ada aturannya, aturan dari mana ya?," kata Andi saat dikonfirmasi.

Kendati demikian, Andi mengatakan BP Batam tetap mendukung apapun yang menghasilkan keputusan terbaik." Kita ikut aja gimana baiknya," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota Batam telah menyatakan akan berkoordinasi dengan BP Batam terkait pembangunan apartemen di kawasan  landmark Welcome Tot Batam. “Sebab mereka yang mengurusi lahan,” kata Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdako Batam, Ardiwinata kepada batamnews.co.id, tadi siang.

Selain itu, Ardi menambahkan bahwa di kawasan itu juga ada regulasi yang mengatur batas ketinggian bangunan yang dibolehkan.

“Ketinggian bangunannya tidak boleh melebihi letak landmark atau menutupi landmark tersebut," kata Ardi. “Landmark tak boleh dihilangkan, harus dipertahankan. Sebab itu ikon Kota Bata.”

Penulusuran wartawan batamnews.co.id, di lokasi apartemen yang digarap Pengembang Cipta Group itu sudah memasang plang pertanda apartemen segera dibangun.

Dari maket yang dipampang di sana, akan dibangun lima gedung menjulang tinggi, dan melebihi landmark Welcome To Batam.

Plang pembangunan bertuliskan "Pulau Mas Putih" itu berdiri mulai dari Sekolah Global Indonesia hingga Jalan Sangam Bertuah. Plang setinggi orang dewasa itu panjangnya sekitar 40 meter. Pembangunan apartemen mewah ini terletak tidak jauh dari Kantor Pemko Batam, Batam Center, Batam.

Semenjak plang bangunan tersebut dipasang warga tidak dapat lagi berfoto lebih dekat dengan ikon WTB. Pasalnya jalan akses ke sana yang berada di samping kanan sudah tertutup plang.

Padahal, objek wisata ikon WTB Kota Batam ini setiap sore dikunjungi warga. Bahkan di antaranya ada yang menjadikan tempat ini sebagai tempat berjualan. ***


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews