Maute Bersaudara Diduga Tewas Kena Bom

Maute Bersaudara Diduga Tewas Kena Bom

Omar dan Abdullah Maute. (foto: ist/net)

BATAMNEWS.CO.ID, Mindanao - Maute bersaudara yang jadi pemimpin kelompok Maute di Marawi diduga tewas. Dugaan muncul setelah basis kelompok itu dibombardir militer Manila.

"Informasi yang kami sampaikan bahwa Omar Maute (Omarkhayam) dan Madi Maute (kedua Maute bersaudara) telah terbunuh,” kata Kepala Komando Mindanao Barat Militer Filipina Letnan Jenderal Carlito Galvez Jr, Jumat (23/6/2017).

Meski demikian, nasib Abdullah, kakak kedua Maute bersaudara, yang merupakan kepala dan pendiri kelompok tersebut serta pemimpin Abu Sayyaf Isnilon Hapilon, belum diketahui.

Galvez mengatakan bahwa Hapilon, Abdullah, dan militan lain pengepung Kota Marawi sedang mengalami serangan udara militer yang hebat dan operasi serangan darat.

Menurut Galvez, pasukan Filipina telah berhasil menembus posisi pertahanan para teroris yang tersisa dan menemukan terowongan yang digunakan oleh kelompok tersebut sebagai bunker dan tempat penampungan bom.

”Ada bau busuk karena mayat tersangka anggota teror dibuang di terowongan,” kata Galvez. ”Titik kritis mereka sudah dekat.”

Galvez menambahkan, para militan loyalis ISIS tersebut menggunakan sandera sipil untuk mengelabui tentara. Meski demikian, dia menegaskan bahwa pasukan Filipina masih bisa membedakan warga sipil dari kombatan ISIS.

Galvez menyambut baik dukungan yang diberikan oleh militer Australia yang mengirimkan dua pesawat pengintai P-3 Orion untuk membantu dalam mengumpulkan data intelijen guna menumpas para militan ISIS di Marawi.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews