Negara-negara Arab Mengajukan 13 Tuntutan kepada Qatar

Negara-negara Arab Mengajukan 13 Tuntutan kepada Qatar

BATAMNEWS.CO.ID - Empat negara Arab telah mengirim kepada Qatar berupa daftar 13 tuntutan yang harus dipenuhi negara itu jika menginginkan mereka mencabut blokadenya, demikian laporan sejumlah kantor berita.

Arab Saudi, Mesir, Uni Emirat Arab dan Bahrain meminta agar Qatar menutup lembaga penyiarannya, Al Jazeera.

Mereka juga meminta Qatar agar mengurangi hubungan dengan Iran dan menutup sebuah pangkalan militer Turki - semuanya harus direalisasikan dalam waktu 10 hari.

Qatar sejak awal membantah mendanai terorisme dan mendorong adanya ketidakstabilan politik di wilayah regional.

Daftar tuntutan itu muncul setelah Qatar dikenai sanksi diplomatik dan ekonomi sejak lebih dari dua minggu lalu, yang menyebabkan adanya krisis di kawasan Teluk yang terburuk dalam beberapa dasawarsa.

Daftar tersebut diumumkan setelah Menteri Luar Negeri AS, Rex Tillerson mendesak agar empat negara Arab itu melayangkan tuntutan yang "masuk akal dan dapat ditindaklanjuti" oleh Qatar.

Para wartawan mengatakan kemunculan daftar tuntutan ini tidak terlepas dari sikap rustrasi yang ditunjukkan Washington, yang berusaha menyelesaikan perselisihan tersebut, tetapi kemudian diambil oleh Arab Saudi dan negara-negara di sekitarnya untuk menunjukkan tuntutan mereka.***

Baca artikel menarik lainnya dari BBC.com/indonesia


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews