Tips Mudik dari Kapolres Tanjungpinang Agar Rumah Aman

Tips Mudik dari Kapolres Tanjungpinang Agar Rumah Aman

Ilustrasi mudik. (Surabaya Tribunnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Tanjungpinang - Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro memberi tips rumah aman saat mudik lebaran, sebab meninggalkan rumah kosong saat mudik lebaran sangat rawan, selain resiko dijarah penjahat dan musibah kebakaran.

Langkah utama, bagi masyarakat Kota Tanjungpinang sebelum meninggal rumah agar menguci pintu dan jendela terlebih dahulu.

"Nyalakan lampu rumah, seperti kamar atau ruang tamu agar rumah terkesan berpenghuni, bisa gunakan lampu otomatis nyala pada sore hari dan mati pada pagi hati," kata Kapolres Tanjungpinang AKBP Ardiyanto Tedjo Baskoro kepada Batamnews.co.id, Kamis (22/6).

Kemudian kata Kapolres jika punya anggaran pasanglah alarm atau kamera CCTV di titik strategis seperti halaman, kamar dan ruangan keluarga. Setelah itu cabut selang gas kompor, matikan kompor air atau jaringan PAM serta semua peralatan listrik yang tidak digunakan guna selain mencegah kebakaran juga hemat listrik.

"Jangan menyimpan barang berharga dilemari, sebaiknya dititipkan barang berharga di Bank atau rumah pergadaian," ujarnya.

Selain itu bagi warga yang memiliki hewan peliharaan agar menitipkan ke tempat kepenitipan atau kepada orang yang bisa dipercaya agar hewan tetap sehat dan terawat.

"Jika di sekitar lingkungan anda ada petugas keamanan informasikan kepadanya rencana mudik anda, mintalah bantuan kepadanya untuk mengontrol rumah anda," tegasnya.

Kemudian sebelum meninggalkan rumah laporkan kepergian anda kepada RT/RW serta tetangga dekat, setelah itu berikan nomer telepon yang bisa dihubungi jika terjadi hal yang dadurat. *** (adi)

Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews