Menteri Jonan Pastikan Semua Tarif Listrik Tidak Naik

Menteri Jonan Pastikan Semua Tarif Listrik Tidak Naik

Ilustrasi. (foto: ist/net)


 
BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Pemerintah melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menyatakan, tarif listrik untuk semua golongan tidak mengalami kenaikan hingga akhir 2017. Hal ini sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepadanya.

Dia mengungkapkan, tarif tenaga listrik mulai Juli 2017 hingga Desember 2017 tidak akan mengalami kenaikan. Termasuk pelanggan golongan 900 volt ampere (VA) yang mengalami penyesuaian tarif pasca pencabutan subsidi pada awal tahun lalu.

"Ini sesuai arahan Bapak Presiden, jadi tarif listrik itu per 1 Juli sampai 31 Desember itu (TTL) tidak ada yang naik. Tapi paling kurang Juli-Desember tidak ada yang naik lagi, termasuk penyesuaian tarif yang 900 VA. Jadi, tetap seperti sekarang," katanya di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Rabu (21/6/2017).

Jonan mengaku, keputusan ini juga telah disepakati PT PLN (Persero). Bahkan, mantan Menteri Perhubungan ini meminta PLN untuk terus melakukan efisiensi agar tarif listrik bisa turun di kemudian hari.

"Kalau bisa itu kita coba meminta PLN untuk melakukan efisiensi di samping prediksi kita kalau ada penurunan harga dari energi primer seperti batu bara atau gas, mungkin saya kira tarif listriknya bisa menurun," tutur dia.

Salah satu alasan pemerintah menetapkan tarif listrik tidak naik karena harga energi primer yang digunakan untuk memproduksi listrik juga mengalami penurunan. Selain itu, pemerintah juga mendengarkan aspirasi masyarakat yang menginginkan agar tarif listrik tidak naik khususnya jelang Lebaran.

"PLN sudah sepakat mengenai hal ini (tarif listrik tetap). Gimana kalau biaya produksi naik? Menurut kami biaya produksi turun karena energi primernya turun. Melihat aspirasi masyarakat juga, jadi semua golongan tarif (tidak naik)," tegas Jonan.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews