AS Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah, Rusia Murka!

AS Tembak Jatuh Jet Tempur Suriah, Rusia Murka!

Jet tempur AS F/A-18E Super Hornet. (foto: ist/net)


BATAMNEWS.CO.ID, Damaskus - Pesawat tempur Amerika Serikat (AS) F/A-18E Super Hornet menembak jatuh jet tempur Suriah, Su-22, di Raqqa selatan, pada Minggu malam. Pemerintah Suriah mengklaim pesawatnya yang ditembak sedang memerangi kelompok ISIS.
 
Pemerintah Presiden Bashar al-Assad dalam sebuah pernyataan mengatakan bahwa pilot militer mereka hilang dalam insiden penembakan pesawat tersebut.

”Serangan ini terjadi pada saat tentara Arab Suriah dan sekutu-sekutunya maju dalam perang melawan teroris ISIS yang dikalahkan di gurun Suriah dengan lebih dari satu cara," bunyi pernyataan tersebut.

Pihak koalisi pimpinan AS yang menjalankan operasi militer bertajuk Operation Inherent Resolve, membenarkan bahwa pesawat jet tempur Washington telah menembak jatuh pesawat jet tempur Damaskus. Alasannya, pesawat Suriah itu menargetkan tentara dari Pasukan Demokratik Suriah (SDF), kelompok oposisi atau pemberontak anti-Assad yang didukung AS.

Koalisi pimpinan AS menambahkan bahwa misinya adalah untuk mengalahkan ISIS di Irak dan Suriah dan tidak berusaha untuk melawan rezim Suriah, Rusia, atau pasukan pro-rezim yang bermitra dengan  mereka. “Namun (koalisi) tidak akan ragu untuk membela pasukan koalisi atau mitra dari manapun ancaman itu,” lanjut pernyataan tersebut.

Ini bukan pertama kalinya intervensi koalisi pimpinan AS di Suriah telah menyebabkan kebuntuan dan kekerasan terhadap pasukan pro-pemerintah Assad. Pada bulan September 2016, sebuah serangan udara koalisi terhadap wilayah Deir ez-Zor membunuh lebih dari 60 tentara Suriah.

Kemudian pada bulan April 2017, Presiden AS Donald Trump memerintahkan serangan rudal jelajah Tomahawk di pangkalan udara Shayrat yang diklaim sebagai pembalasan atas penggunaan senjata kimia oleh pemerintah Suriah. Namun, tuduhan penggunaan senjata kimia itu tidak disertai bukti.

Rusia Murka

Sekutu dekat Suriah, Rusia langsung bereaksi atas penembakan itu. Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, mereka akan menargetkan semua objek terbang di wilayah jet tempur Rusia yang beroperasi di Suriah.

"Kami juga akan menangguhkan interaksi dengan AS dalam hal pencegahan insiden di udara Suriah mulai dari 19 Juni. AS tidak menggunakan saluran komunikasi dengan Rusia saat akan menembak jatuh jet tempur Suriah," kata kementerian itu, seperti dilansir Reuters pada Senin (19/6/2017).

Wakil Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Ryabkov menyatakan, koalisi pimpinan Amerika Serikat (AS) telah mendukung teroris dengan menembak jatuh jet tempur Suriah. "Moskow melihat penembakan jet tempur pemerintah Suriah oleh AS sebagai tindakan agresi dan dukungan terhadap teroris," kata Ryabkov.

Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov ikut mengecam tindakan AS tersebut. ”Mengenai kejadian di lapangan di Republik Arab Suriah, perlu untuk sepenuhnya menghormati kedaulatan dan integritas wilayah Suriah,” kata Lavrov.

“Oleh karena itu, setiap tindakan di lapangan, dan ada banyak pihak yang terlibat, termasuk mereka yang melakukan operasi militer, harus berkoordinasi dengan Damaskus,” lanjut desakan Lavrov.

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews